Logo BeritaSatu

Wapres Ma'ruf Amin Akan Hadiri Peringatan Haornas di Stadion Batakan

Kamis, 8 September 2022 | 07:21 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus melakukan persiapan dalam memperingati perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan berlangsung di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, pada hari Jumat (9/9/2022) besok. Dijadwalkan, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin akan hadir dalam acara Haornas yang mengambil tema Bersama Cetak Juara itu.

Panitia Haornas di bawah komando Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta bersama Kabag Humas Kemenpora, Indra Jayaatmaja ikut menghadiri gladi kotor yang dilakukan pada Rabu (7/9/2022) malam di Stadion megah berkapasitas 40.000 itu.

Perayaan Haornas 2022 ini sangat berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan di Jakarta dalam ruangan tertutup (indoor) dan diikuti oleh para stakeholder olahraga secara virtual lantaran pandemi Covid-19. Kali ini peringatan Haornas ke-39 dengan konsep outdoor ini dipastikan akan melibatkan puluhan ribu masyarakat setempat.

Tema yang diusung pada Haornas 2022 memang sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dimana ujung dari sebuah pembinaan olahraga adalah mencetak juara di pentas dunia, seperti Olimpiade serta kejuaraan dunia. Guna mewujudkan hal itu dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

"Tema peringatan Haornas yang ke-39 pada tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerjasama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara," ucap Menpora Amali.

Pada DBON memang disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Tema Haornas kali ini intinya implementasi dari DBON, disamping turut mensosialisasikan undang-undang baru yakni UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR RI," tutur Menpora Amali.

Perayaan Haornas yang ke-39 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur ini, menurut Menpora Amali, sekaligus memperkuat komitmen menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai barometer pemerintahan Indonesia yang baru ke depannya.

"Melalui sektor olahraga juga turut menguatkan komitmen nasional terhadap Ibu Kota yang baru yakni IKN, dimana wujud kongritnya adalah sebagai barometer pemerintahan, disitu pula kebijakan, kemudian implementasi DBON juga akan dikomandani dari Ibu Kota yang baru, bahkan bapak Presiden Joko Widodo pun telah memerintahkan untuk membuat sports center di IKN," pungkas Menpora.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dukung Olahraga Nasional, Aice Dapat Penghargaan Kemenpora

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pimpinan Zainudin Amali memberikan penghargaan kepada Aice Group karena mendukung olahraga nasional.

SPORT | 7 Desember 2022

7 Wakil Indonesia Siap Berjuang, Ini Jadwal BWF World Tour Finals

Tujuh wakil Indonesia akan memulai perjuangannya di babak grup  BWF World Tour Finals 2022 hari ini, Rabu (7/12/2022) pagi

SPORT | 7 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022, Jojo vs Ginting Buka Laga Pertama

Dua tunggal putra Indonesia Jojo dan Ginting harus saling berhadapan pada laga pembuka Grup B BWF World Tour Finals 2022.

SPORT | 7 Desember 2022

Masuk Grup Berat di BWF World Tour Finals Bagus untuk Apriyani/Fadia

Menurut Eng Hian berada di grup berat di BWF World Tour Finals bagus buat ganda putri Apriyani/Fadia. 

SPORT | 6 Desember 2022

Kejuaraan Dunia Wushu Junior: Indonesia Sabet 2 Emas di Hari Pertama

Kedua medali emas Kejuaraan Dunia Wushu Junior tersebut disumbangkan Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy Ferdiansyah.

SPORT | 6 Desember 2022

One Championship Hadirkan Trilogi Johnson vs Moraes di Amerika

One Fight Night 10: Johnson vs Moraes III pada 6 Mei 2023 di Broomfield, Colorado menandai debut One Championship di negeri Paman Sam.

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022: Rinov/Pitha Berpeluang ke Semifinal

Rinov/Pitha tergabung di Grup A BWF World Tour Finals bersama Zheng/Huang, Goh Soon Huat/Shevon dan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Perancis).

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022: Ganda Putra Puas dengan Hasil Undian

Fajar/Rian yang berstatus unggulan pertama tergabung di Grup A di BWF World Tour Finals bersama Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Jojo dan Ginting Satu Grup, Fajar/Rian Gabung Hoki/Kobayashi

Indonesia menurunkan tujuh wakilnya di BWF World Tour Finals yang akan berlangsung mulai 7-11 Desember.

SPORT | 6 Desember 2022

Jokowi Terima Penghargaan Tertinggi dari Federasi Wushu Internasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation Grading dari Federasi Wushu Internasional (IWUF).

SPORT | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE