Logo BeritaSatu

India, Arab Saudi Juga Ingin Gelar MotoGP

Kamis, 22 September 2022 | 13:19 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – India menjadi negara kedua setelah Arab Saudi yang menawarkan diri sebagai tuan rumah MotoGP “dalam waktu dekat ini”, yang semakin mengindikasikan bahwa ajang balap roda dua paling prestisius ini makin diminati dunia.

Saat ini kalender MotoGP sudah sangat padat dengan 20 balapan musim 2022 saja. Seharusnya malah 21 seri tahun ini, tetapi kemudian Finlandia mengundurkan diri karena kendala teknis.

Awal bulan ini, Dorna Sports dan otoritas Arab Saudi sudah meneken nota kesepahaman soal rencana negara itu menjadi tuan rumah MotoGP di masa mendatang.

India menawarkan Buddh International Circuit sebagai tuan rumah MotoGP. Sirkuit ini pernah menggelar Formula 1 musim 2011-2013.

CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta belum lama ini berkunjung ke India dan menjajaki peluang menggelar balapan di negara dengan jumlah pengguna roda dua salah satu yang terbesar di dunia.

"India adalah negara dan juga pasar yang sangat besar dan khususnya sangat penting bagi industri roda dua dan MotoGP sebagai ajang olahraga,” kata Ezpeleta.

“Kejuaraan ini punya basis masa yang besar di sana sehingga kalau India bisa menggelar salah satu seri MotoGP maka akan menjadi tontonan hebat bagi para penggemar kami dan di saat bersamaan akan memungkinkan kami untuk makin mengembangkan olahraga ini di kawasan itu, terutama dilihat dari adanya ratusan juta kendaraan roda dua di jalanan [India],” imbuhnya.

Pria Spanyol itu mengindikasikan bahwa keinginan India menjadi tuan rumah MotoGP akan disetujui tanpa kendala.

"Balapan di India bakal mencerminkan komitmen kami untuk membuka pintu selebar mungkin dalam olahraga ini, dan akan menjadi prestasi penting dalam kejuaraan," tegasnya.

Menteri Olahraga India Shri Anurag Thakur mengatakan India berpeluang menjadi salah satu pasar terbesar MotoGP khususnya dalam hal jumlah penonton.

Kalender musim 2023 belum dirilis, tetapi kemungkinan besar sama dengan musim ini, atau ditambah seri “kejutan” di Kazakhstan.

Penambahan seri baru belum tentu menambah jadwal di kalender, karena sirkuit-sirkuit di Spanyol seperti Valencia, Catalunya, dan Aragon bersedia untuk “mengalah” dan memberi tempat bagi pendatang baru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Frances Tiafoe Tampil Gemilang, Tim Dunia Sabet Laver Cup

Frances Tiafoe memimpin Tim Dunia menjuarai Laver Cup pertamanya ketika petenis Amerika Serikat menundukkan Stefanos Tsitsipas.

SPORT | 26 September 2022

Lavani Tampil Meyakinkan di Laga Perdana Livoli 2022

Lavani Bogor tampil meyakinkan di laga perdana kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes Kabupaten Tabanan, Minggu (25/9/2022).

SPORT | 25 September 2022

Atlet Besutan PB Djarum Borong Gelar Juara Indonesia International Series 2022

Jajaran atlet besutan PB Djarum memborong 3 gelar juara dan 2 posisi runner up di kejuaraan Indonesia International Series 2022.

SPORT | 25 September 2022

Alfian/Ade Juara Ganda Putra Indonesia International Series

Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso mengalahkan Reinard Dhanriano/Kenas Adi Haryanto  21-16, 18-21, 21-16 di final Indonesia International Series 2022.

SPORT | 25 September 2022

6 Komunitas Sepeda Gunung Gagas Mountain Bike Indonesia

Enam komunitas sepeda gunung mengkampanyekan gaya hidup sehat sekaligus memajukan olahraga sepeda melalui gathering “Mountain Bike Indonesia”.

SPORT | 25 September 2022

Rifat Sungkar Juara Reli Danau Toba 2022

Gelar juara Reli Danau Toba ini menjadi bekal Rifat Sungkar menghadapi balapan sama yang berlangsung di Muaro Bungo, Jambi bulan depan.

SPORT | 25 September 2022

Pemain Belia Mutiara Ayu Puspitasari Gemilang di Yogyakarta

Pemain tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari tampil gemilang di turnamen bulutangkis Kapal Api Indonesia International Series 2022 di Yogyakarta.

SPORT | 25 September 2022

Marquez Lulus Ujian Fisik Balapan

Marc Marquez mampu menuntaskan balapan di posisi empat setelah hari sebelumnya meraih pole position.

SPORT | 25 September 2022

Timnas Wushu Indonesia Sabet 5 Emas dan 3 Perak di Turki

Pencapaian Timnas Wushu Indonesia kali ini melebihi target dibanding ajang sebelumnya tahun 2018 lalu yang meraih 2 emas 3 perak, dan 2 perunggu.

SPORT | 25 September 2022

Mau Balapan, Motor Espargaro Malah Disetel Mode Hemat BBM

Setelah beralih ke motor kedua, masalah Aleix Espargaro ternyata bertambah karena pilihan ban tidak cocok buat dirinya.

SPORT | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
We The Fest 2022 Pertemukan Pecinta Musik dengan <em>Kripto</em>

We The Fest 2022 Pertemukan Pecinta Musik dengan Kripto

LIFESTYLE | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings