Logo BeritaSatu

Dapat Pujian FIA, Jakarta Kembali Dipercaya Gelar Formula E

Kamis, 22 September 2022 | 20:14 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Federasi Otomotif Internasional (FIA) pada Kamis (22/9/2022) menyatakan balap Formula E-Prix Jakarta merupakan gelaran yang berjalan dengan sukses sehingga layak kembali mendapatkan slot dalam kalender musim 2022/2023.

E-Prix Jakarta, bersama dengan E-Prix Korea Selatan, menjadi arena baru di kalender balap mobil listrik musim lalu, yang dipandang mampu memenuhi ekspektasi dunia motorsport internasional.

"Musim balap internasional 2022 menyajikan tantangan khusus bagi Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Korea Automobile Racing Association (KARA), ketika kedua organisasi ini ditugasi menggelar Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E untuk pertama kalinya. Itu merupakan ujian yang mereka lalui dengan sangat sukses," demikian pernyataan FIA di laman resminya, Kamis.

FIA menegaskan Formula E merupakan balapan yang berbeda daripada kejuaraan balap yang lain karena kompetisi digelar di jalan raya di ruang yang relatif sempit di berbagai kota di dunia.

Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan yang besar atau penundaan yang tak perlu, maka upaya cepat untuk mengevakuasi mobil yang berhenti di lintasan menjadi salah satu faktor penting.

FIA juga mengapresiasi kesigapan para marshal di sirkuit Jakarta yang telah menjalani sejumlah sesi latihan khusus untuk mempersiapkan akhir pekan balapan demi memastikan kesiapan memenuhi tugas penting dan merespons segala insiden yang terjadi di lintasan.

Latihan secara teoritis dan praktik itu kemudian dilengkapi dengan simulasi pralomba, dengan dukungan dari pakar motorsport dari Italia Dino Lodola, yang mengawasi jalannya E-Prix Roma.

"Di kedua negara itu, skala dari tantangan mereka tidak bisa diremehkan," kata FIA.

"Jakarta E-Prix yang pertama merupakan ajang motorsport di bawah FIA yang digelar pertama di Indonesia sejak 2006,"

"Setelah berbulan-bulan persiapan yang melelahkan yang menghasilkan tiga balapan Formula E yang aman, sukses, dan menghibur, kembalinya Jakarta dan Seoul ke kalender Formula E untuk musim 9 pada 2022/23 adalah bukti pekerjaan yang dilakukan dengan baik," demikian FIA.

Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E seri ke-12 dan seri ke-13 pada 3 Juni dan 4 Juni tahun depan dari 18 seri yang dijadwalkan di kalender musim 2022/2023.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Frances Tiafoe Tampil Gemilang, Tim Dunia Sabet Laver Cup

Frances Tiafoe memimpin Tim Dunia menjuarai Laver Cup pertamanya ketika petenis Amerika Serikat menundukkan Stefanos Tsitsipas.

SPORT | 26 September 2022

Lavani Tampil Meyakinkan di Laga Perdana Livoli 2022

Lavani Bogor tampil meyakinkan di laga perdana kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes Kabupaten Tabanan, Minggu (25/9/2022).

SPORT | 25 September 2022

Atlet Besutan PB Djarum Borong Gelar Juara Indonesia International Series 2022

Jajaran atlet besutan PB Djarum memborong 3 gelar juara dan 2 posisi runner up di kejuaraan Indonesia International Series 2022.

SPORT | 25 September 2022

Alfian/Ade Juara Ganda Putra Indonesia International Series

Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso mengalahkan Reinard Dhanriano/Kenas Adi Haryanto  21-16, 18-21, 21-16 di final Indonesia International Series 2022.

SPORT | 25 September 2022

6 Komunitas Sepeda Gunung Gagas Mountain Bike Indonesia

Enam komunitas sepeda gunung mengkampanyekan gaya hidup sehat sekaligus memajukan olahraga sepeda melalui gathering “Mountain Bike Indonesia”.

SPORT | 25 September 2022

Rifat Sungkar Juara Reli Danau Toba 2022

Gelar juara Reli Danau Toba ini menjadi bekal Rifat Sungkar menghadapi balapan sama yang berlangsung di Muaro Bungo, Jambi bulan depan.

SPORT | 25 September 2022

Pemain Belia Mutiara Ayu Puspitasari Gemilang di Yogyakarta

Pemain tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari tampil gemilang di turnamen bulutangkis Kapal Api Indonesia International Series 2022 di Yogyakarta.

SPORT | 25 September 2022

Marquez Lulus Ujian Fisik Balapan

Marc Marquez mampu menuntaskan balapan di posisi empat setelah hari sebelumnya meraih pole position.

SPORT | 25 September 2022

Timnas Wushu Indonesia Sabet 5 Emas dan 3 Perak di Turki

Pencapaian Timnas Wushu Indonesia kali ini melebihi target dibanding ajang sebelumnya tahun 2018 lalu yang meraih 2 emas 3 perak, dan 2 perunggu.

SPORT | 25 September 2022

Mau Balapan, Motor Espargaro Malah Disetel Mode Hemat BBM

Setelah beralih ke motor kedua, masalah Aleix Espargaro ternyata bertambah karena pilihan ban tidak cocok buat dirinya.

SPORT | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings