Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Akhiri Karier dengan Kekalahan, Federer: Saya Tidak Sedih

Sabtu, 24 September 2022 | 16:27 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH
Elkspresi Roger Federer seusai tampil di Laver Cup 2022.

London, Beritasatu.com - Berakhir sudah karier tenis Roger Federer. Petenis asal Swiss itu menutup kariernya dengan kekalahan dalam turnamen terakhirnya di Laver Cup yang digelar di Arena O2, London, Inggris.

Tampil di nomor ganda berpasangan dengan Rafael Nadal, juara grand slam 20 kali ini kalah dari pasangan Frances Tiafoe/Jack Sock dari tim dunia, Sabtu (24/9/2022) pagi WIB.

Federer/Nadal sempat menang di set pertama tetapi pasangan petenis Amerika itu bangkit untuk menang 4-6 7-6(7/2) 11-9. Dengan begitu, Tim Eropa tertahan 2-2 dari Tim Dunia.

Kekalahan tersebut sekaligus menutup karier Federer. Meski demikian, Federer sama sekali tidak sedih dengan berakhirnya karier panjangnya di tenis.

"Kita akan melewati ini entah bagaimana, kan? Benar?. Saya senang, saya tidak sedih. Senang rasanya berada di sini dan saya menikmati mengikat sepatu saya sekali lagi. Semuanya adalah yang terakhir kali. Pertandingannya hebat, saya tidak bisa lebih bahagia. Ini luar biasa," ujar Federer seusai pertandingan.

Roger Federer dan Rafael Nadal.

Federer telah menikmati persaingan ketat dengan Nadal selama hampir dua dekade. Mereka telah memenangi 42 gelar tunggal Grand Slam di era keemasan untuk sektor putra.

Keduanya, yang pertama kali bertemu pada 2004, memiliki catatan 40 kali bertemu dalam pertandingan, termasuk di sembilan final Grand Slam, dengan Nadal memegang rekor kemenangan 24-16.

Namun dalam pertandingan terakhirnya sangat berkesan karena dia berpasangan dengan rivalnya selama ini. Ada raungan besar dan tepuk tangan meriah saat petenis Swiss dan Nadal tiba di lapangan, mengenakan kaos biru dan celana pendek putih, keduanya mengenakan ikat kepala putih.

Kedua tim memegang servis dengan cukup nyaman di awal pertandingan, dengan teriakan "Ayo Roger" pecah pada kedudukan 3-3.

Namun, Federer dan Nadal merebut break point pertama mereka pada gim ke-10, memenangkan set pertama ketika Sock mencetak gol dengan pukulan backhand yang disambut sorakan besar. Pasangan Amerika itu menyamakan kedudukan dengan mengambil tie-break set kedua dengan mudah.

Dalam tie-break pertandingan yang menegangkan itu, Federer tidak dapat melakukan servis saat kedudukan 9-8, sementara pasangan Amerika itu memenangi tiga poin berikutnya untuk keluar sebagai pemenang.

Federer diliputi emosi setelahnya, memeluk rekan setimnya Nadal dan melambai ke arah penonton. Dia tidak dapat menahan emosinya ketika berbicara di arena selama wawancara di lapangan, lalu menangis.

Aksi Roger Federer dan Rafael Nadal di pertandingan Laver Cup.

"Bermain dengan Rafa di tim yang sama, dan memiliki para pemain, semua orang di sini, semua legenda, terima kasih. Ini terasa seperti perayaan bagi saya," kata Federer, yang ditemani orang tuanya, istri dan empat anaknya di lapangan.

"Saya ingin merasakan seperti ini pada akhirnya dan itulah yang saya harapkan, jadi terima kasih. Ini adalah perjalanan yang sempurna dan saya bersedia untuk melakukannya lagi," imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BBC


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI