Logo BeritaSatu

6 Komunitas Sepeda Gunung Gagas Mountain Bike Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 21:00 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak enam komunitas sepeda gunung terbesar di Tanah Air mengkampanyekan gaya hidup sehat sekaligus memajukan olahraga sepeda melalui gathering bertajuk “Mountain Bike Indonesia” di Gunung Pinang Bike Park, Serang, Banten, pada Minggu (25/9/2022). Adapun keenam komunitas tersebut adalah Santa Cruz Indonesia (SCI), Yeti Tribe Indonesia, Trek ID, Patrol ID, Orbea Indonesia, dan Specialized Riders Indonesia (Spider).

Ketua Klub Santa Cruz Indonesia, Aldino Reviera, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya menggabungkan penggemar sepeda gunung dari berbagai komunitas dan pabrikan sepeda di Indonesia. "Tujuannya untuk mempererat silaturahmi antar-penggemar sepeda gunung di Indonesia, di samping seluruh anggota komunitas berkomitmen mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan berolahraga MTB (mountain bike)," kata Aldino dalam keterangannya.

Kegiatan yang digagas enam komunitas penggemar sepeda gunung terbesar di Indonesia ini diikuti lebih 200 peserta dari Jabodetabek dan berbagai daerah lain di Indonesia.

Perkembangan olahraga sepeda gunung khususnya downhill di Indonesia memang tak dapat dianggap remeh. Para atlet andalan Indonesia mampu menorehkan prestasi di level ASEAN, Asia bahkan berbagai kejuaraan dunia yang termasuk dalam kalender Union Cycliste Internationale/UCI (Federasi olahraga sepeda dunia).

"Kami percaya atlet sepeda gunung Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat berbicara banyak khususnya di kejuaraan Internasional. Lewat kegiatan Mountain Bike Indonesia diharapkan dapat berkontribusi perkembangan olahraga sepeda khususnya downhill di Tanah Air," kata Aldin.

Ke depan, kata Aldin, enam komunitas MTB ini berkomitmen mengadakan berbagai kegiatan yang dapat berkontribusi dalam memajukan olahraga sepeda di Indonesia. Dia juga meminta dukungan emua pihak, tidak hanya para penggemar olahraga sepeda, tetapi juga pemerintah, swasta dan publik.

"Saat ini yang dibutuhkan adalah kolaborasi dari seluruh pihak untuk dapat memajukan olahraga sepeda di dalam negeri. Kami memulainya dengan gathering ini yang sekaligus menjadi menjadi ajang pertukaran informasi dan gagasan dalam memajukan olahraga sepeda nasional,” kata Aldin.

Sementara Ketua Klub Trek ID, Indra Dhani mengatakan, perkembangan olahraga sepeda di Indonesia tak bisa dilepaskan dari keberadaan komunitas-komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. "Penyaluran hobi dan talenta bersepeda melalui komunitas ini juga menjadi pemantik munculnya bibit-bibit atlet sepeda, tidak hanya untuk disiplin sepeda gunung downhill tetapi juga sepeda cross country (XC), BMX, time trial," kata dia.

Dia berharap dengan semakin banyak bibit atlet yang ada, semakin besar peluang olahraga sepeda untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah tingkat dunia.

Kegiatan Mountain Bike Indonesia ini juga didukung oleh beberapa Patrol Moutainbikes, Sram, Vittoria, Seven Design, Boistois, Sportindent timing, Custom ID Mudguard, Good Ride Café, minuman hidrasi Ichi Tan, dan Journalist MTB.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gregoria Tak Menyangka Tampil di BWF World Tour Finals 2022

Gregoria Mariska Tunjung tidak menyangka tampil di BWF World Tour Finals 2022 yang akan dihelat pada 7-11 Desember di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

SPORT | 26 November 2022

Ternadi Bike Park Jadi Arena 76 Indonesian Downhill 2022

Ternadi Bike Park yang berada di kaki Gunung Muria ini memiliki panjang trek 2,3 km dan lebar trek 1,5 meter dan terdaftar sebagai kategori C1 di UCI.

SPORT | 26 November 2022

Rajawali Women’s Tennis Open 2022 Jadi Ajang Seleksi Petenis Putri

Turnamen nasional bertajuk Rajawali Women's Tennis Open 2022 akan menjadi ajang seleksi petenis putri nasional.

SPORT | 25 November 2022

Jawara Piala Presiden Esports 2022 Ditargetkan ke Kancah Internasional

Jawara Piala Presiden Esports 2022 ditargetkan bisa meneruskan dan mengukir prestasi ke kancah internasional.

SPORT | 25 November 2022

Persiapan SEA Games 2023, PB PASI Kirim 30 Atlet Ikuti Kejuaraan di Thailand

PB PASI ingin menguji perkembangan atlet selama menjalani pelatnas untuk SEA Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja.

SPORT | 24 November 2022

Akademi Esports Milo-RRQ Tekankan Pentingnya Latihan Fisik Atlet

Berkolaborasi dengan tim esports Indonesia, Rex Regum Qeon (RRQ), Milo E-Activ Academy menghadirkan beragam video tutorial latihan fisik.

SPORT | 23 November 2022

Wamenkumham Eddy Hiariej Terpilih sebagai Ketua Umum PP Pelti

Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) 2022-2027.

SPORT | 21 November 2022

Tak Tertandingi, Max Verstappen Juara GP Abu Dhabi

Start dari pole position, Max Verstappen dari tim Red Bull menyelesaikan balapan sepanjang 58 putaran itu dengan dominandi GP Abu Dhabi.

SPORT | 20 November 2022

Indonesia Sabet 3 Emas di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022

Tiga dari empat emas Indonesia di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022 diraih oleh female team kata, male team kata, female kumite +68 kg.

SPORT | 20 November 2022

Petchtanong Lengserkan Dominasi Akimoto di One 163

Petchtanong Petchfergus berhasil merebut sabuk emas dari sang mantan penguasa Hiroki Akimoto dalam drama kejar mengejar poin yang berlangsung sengit.

SPORT | 20 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

SEMESTA BOLA 2022 | 53 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE