Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Rins Juara di Australia, Bagnaia Rebut Puncak Klasemen MotoGP

Minggu, 16 Oktober 2022 | 13:11 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA
Pembalap Ducati Fransesco Bagnaia (kiri) dan pembalap Honda Marc Marquez bertarung di Sirkuit Phillip Island, Australia, 16 Oktober 2022.

Beritasatu.com - Alex Rins merebut kemenangan pertamanya musim ini setelah memenangi duel putaran terakhir Grand Prix Australia melawan Marc Marquez, Minggu (16/20/2022), sementara Fransesco Bagnaia juga menggusur Fabio Quartararo dari puncak klasemen dengan hanya dua balapan tersisa.

Quartararo jatuh di tikungan dua pada putaran ke-11 karena kehilangan kendali ban depan motor Yamaha-nya. Beberapa putaran sebelumnya dia juga tercecer ke posisi 22 akibat kesalahan sendiri. Dalam empat balapan terakhir, Quartararo gagal mendapat poin tiga kali.

Bagnaia di sisi lain tampil penuh percaya diri dan tenang, serta mampu mempertahankan posisi tiga di atas podium Sirkuit Phillip Island yang untuk pertama kalinya membawa dia ke puncak klasemen MotoGP dengan keunggulan 14 poin.

Pembalap Ducati Lenovo itu juga memimpin balapan di awal putaran terakhir sebelum kemudian disalip Rins dan Marquez.

Ironisnya, kemenangan Rins ini seperti bentuk ucapan selamat tinggal Suzuki yang akan hengkang dari MotoGP setelah musim ini berakhir.

Marquez mengembalikan semangat ke kubu Repsol Honda dengan finis kedua, yang menjadi tonggak baru baginya karena ini merupakan hasil podium dia yang ke-100 di kelas MotoGP.

Balapan juga diwarnai insiden cukup brutal ketika pembalap LCR Honda Alex Marquez terlalu kencang masuk tikungan dan menghantam Jack Miller (Ducati Lneovo) dari belakang.

Tabrakan begitu kencang hingga kepala Miller mendongak saat motornya dihantam dan mereka berdua langsung tersungkur masuk jebakan gravel. Insiden itu terjadi di tikungan yang diberi nama ‘Jack Miller’.

Bagnaia menjadi lokomotif dari gerbong enam penunggang Ducati yang finis dari posisi tiga hingga delapan.

Di belakang Bagania adalah berturut-turut Marco Bezzecchi (Mooney VR46), Enea Bastianini (Gresini Racing), Luca Marini (Mooney VR46), dan duo Pramac Racing Jorge Martin dan Johann Zarco.

Pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro yang start dari posisi empat hanya bisa finis ke-9.

Tiga pembalap terakhir di zona poin adalah Brad Binder (Red Bull KTM), Pol Espargaro (Repsol Honda), dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI