Australia Terbuka

Kalahkan Fucsovics, Federer Jadi Petenis Tertua ke Perempat Final

Kalahkan Fucsovics, Federer Jadi Petenis Tertua ke Perempat Final
Roger Federer (kanan) dan Marton Fucsovics. ( Foto: AFP Photo / Saeed Khan )
Jaja Suteja / JAS Senin, 22 Januari 2018 | 14:49 WIB

Melbourne - Roger Federer menembus perempat final Australia Terbuka untuk ke-14 kalinya pada Senin (22/1). Namun keberhasilan sang juara bertahan ini tidak diraih dengan mudah. Dia harus berjuang keras sebelum menaklukkan petenis peringkat 80 dunia asal Hungaria Marton Fucsovics.

Selain berpeluang mempertahankan gelar, kemenangan ini membawa Federer menjadi petenis putra tertua yang mencapai perempat final Australia Terbuka sejak Ken Rosewall pada 1977.

Petenis Swiss 36 tahun itu tidak sedang berada dalam performa terbaiknya di Rod Laver Arena yang bermandi matahari. Namun mampu mencatatkan kemenangan 6-4, 7-6 (3), dan 6-2 untuk menyiapkan pertemuan dengan Tomas Berdych di perempat final.

Fucsovics belum pernah memenangi undian utama Grand Slam sebelum tiba di Melbourne. Namun setelah memenangi tiga putaran sebelumnya di Australia Terbuka, petenis 25 tahun itu menampilkan permainan penuh keterampilan dan kepercayaan diri untuk membuat sang unggulan kedua Federer bekerja keras sebelum mengakhiri perlawanan Fucsovics dalam dua set.

Namun tidak pernah ada alarm nyata untuk petenis Swiss itu dan ia melaju untuk meraih kemenangan pada set ketiga.

"Menurut saya ia bermain sangat baik, ini merupakan kondisi-kondisi cepat maka Anda harus memiliki ide-ide cepat dan mengeksekusinya dengan baik dan ia melakukannya dengan sangat baik," kata Federer di lapangan.

"Hanya ketika saya memiliki dua set dan satu break, saya merasa saya memiliki angin di belakang saya," kata Federer.



Sumber: Australia Open