Australia Terbuka 2018

Cedera, Nadal Berikan Kemenangan untuk Cilic

Cedera, Nadal Berikan Kemenangan untuk Cilic
Rafael Nadal memberikan aplaus kepada penonton usai mengundurkan diri jelang set kelima melawan Marin Cilic di babak perempat final Australia Terbuka 2018, Selasa, 23 Januari 2018. ( Foto: AFP PHOTO / WILLIAM WEST )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Selasa, 23 Januari 2018 | 21:42 WIB

Melbourne - Petenis Spanyol Rafael Nadal harus menghentikan perjuangannya di babak perempat final Australia Terbuka 2018 lebih dini. Dia harus merelakan tiket ke babak semifinal diberikan kepada Marin Cilic.

Cedera yang dirasakannya membuat Nadal harus menyudahi pertandingan lebih cepat. Nadal sebenarnya sudah melewati empat set pertarungan. Kedudukan imbang sama kuat. Pada set pertama, Nadal menang 6-3, di set kedua Cilic membalas dengan skor sama. Pada kuarter ketiga, Nadal menang tie-break 7-6, tapi di kuarter empat Cilic kembali unggul 6-2.

Sebelum set kelima dimulai, perhatian penonton yang menantikan pertandingan tertuju kepada Nadal saat dia dihampiri fisioterapis yang memberi sedikit perawatan kepadanya. 

Ini menjadi kesekian kalinya fisioterapis masuk lapangan dan memberikan perawatan kepada Nadal. Meski mengalami kesakitan, Nadal tetap melanjutkan pertandingan dengan penampilan yang tidak maksimal. Sempat memberikan perlawanan, Nadal akhirnya memutuskan tak dapat melanjutkan laga pada saat set 5 berada di kedudukan 0-2.

"Ini momen yang sulit. Ini bukan pertama kalinya kesempatan melayang. Saya orang yang positif dan saya bisa positif, tetapi hari ini sebuah peluang ke semifinal Grand Slam dan perjuangan memperebutkan gelar penting untuk saya hilang," ujar Nadal kecewa.



Sumber: AusOpen