Kalahkan Djokovic, Thiem Tantang Nadal di Final Prancis Terbuka

Kalahkan Djokovic, Thiem Tantang Nadal di Final Prancis Terbuka
Dominic Thiam ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 8 Juni 2019 | 21:33 WIB

Paris, Beritasatu.com - Unggulan keempat Dominic Thiem berpeluang mewujudkan mimpinya meraih gelar Grand Slam untuk pertama dalam karier setelah menaklukkan Novak Djokovic pada semifinal Prancis Terbuka, Sabtu (8/6/2019). 

Dalam pertandingan di Roland Garros, Paris, petenis Austria itu memaksa Djokovic bermain lima set dan menang dengan skor 6-2,3-6, 7-5, 5-7, dan 7-5. Pertandingan yang mempertemukan unggulan pertama (Djokovic) dan keempat ini harus digelar pada dua hari yang berbeda lantaran laga pada Jumat (7/6/2019) laga tertunda lantaran hujan.

Novak Djokovic

Pertandingan di babak semifinal Djokovic melawan Thiem pada hari Jumat, terpaksa dihentikan di set ketiga akibat hujan yang mengguyur lapangan Phillipe Chatrier.

Pada pertandingan Jumat malam, Djokovic dan Thiem berhasil saling mengamankan masing-masing satu set, yaitu 6-2 dan 3-6, dalam kondisi berangin.

Tetapi unggulan keempat asal Austria itu meningkatkan agresinya di awal set ketiga dan memimpin 3-1 sebelum akhirnya hujan menyebabkan pertandingan diskors pada pukul 17.51 waktu setempat dan dilanjutkan pada hari Sabtu.

Memasuki pertandingan ini, Djokovic adalah satu-satunya petenis yang belum kehilangan satu set pun di lapangan tanah liat Grand Slam. Namun kini dia gagal mewujudkan ambisinya meraih gelar Prancis Terbuka untuk kedua kali. Dia sukses menjadi juara tunggal putra turnamen tahunna itu pada 2016 lalu.

Rafael Nadal

Sementara bagi Thiem, ini merupakan final Prancis Terbuka untuk keduanya berturut-turut. Tahun lalu, ia kalah melawan Nadal di partai pamungkas. Kini dia akan bertemu lawan yang sama dalam upayanya mewujudkan mimpi meraih gelar juara Grand Slam pertamanya.

Nadal tentunya lebih diunggulkan.  Dia sudah 11 kali menjadi juara di Roland Garros dari total 17 gelar Grand Slam yang telah dikoleksinya. Laga final akan digelar Minggu (9/6/2019) mulai pukul 20.00 WIB. 



Sumber: ATP