Aldila Bidik Juara Pelti Indonesia W15 Jakarta

Aldila Bidik Juara Pelti Indonesia W15 Jakarta
Aldila Sutjiadi ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / CAH Senin, 24 Juni 2019 | 17:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) menggelar turnamen internasional bertajuk Pelti Indonesia W15 Jakarta di lapangan tenis Elite Club Epicentrum, 24-30 Juni 2019. Kejuaraan khusus petenis putri yang masuk dalam kalender Federasi Tenis Internasional (ITF) World Tennis Tour itu menyediakan hadiah total 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 210 juta.

Selain wakil tuan rumah, kejuaraan ini juga diikuti petenis yang berasal dari 12 negara, yakni Jepang, Tiongkok, India, Korea Selatan, Hongkong, Thailand, Singapura, Australia, Afrika Selatan, Aljazair dan Belanda serta Amerika Serikat.

Andalan Indonesia, Aldila Sutjiadi yang bercokol di peringkat tunggal putri ke-455 dunia itu akan menempati posisi unggulan kedua nomor single Pelti Indonesia W15 Jakarta ini. Sebagai seeded pertama adalah wakil Thailand, Nudnida Luangnam (430).

“Meski berada di unggulan kedua, saya tetap menargetkan bisa menjadi juara tunggal Pelti Indonesia W15 Jakarta ini,” tutur Aldila Sutjiadi yang tahun ini belum sekalipun mengangkat piala nomor tunggal ITF World Tennis Tour di lapangan tenis Elite Club Epicentrum Jakarta, Senin (24/6/2019) .

Bila terjadi final ideal yang mempertemukan dua unggulan teratas ajang ini, tak pelak lagi bakal menguarkan aroma SEA Games 2019 di Filipina akhir tahun nanti. Peta persaingan tenis putri di kawasan Asia Tenggara saat ini memang dipuncaki oleh wakil Indonesia dan Thailand.

“Turnamen ini memang menjadi ajang persiapan tim tenis putri Indonesia menuju SEA Games 2019 di Manila Filipina, Desember 2019,” lanjut Aldila.

Selain mengandalkan Aldila, tim Merah Putih juga menurunkan Jessy Rompies, Rifanty Kahfiani, Fitriani Sabatini, Fitriana Sabrina, Joleta Budiman, Nadia Ravita dan Deria Nur Haliza di babak utama turnamen ini.

Dua petenis muda Indonesia, Oxi Gravitasi Putri dan Putri Sanjungan Insani berhasil melangkah ke babak utama setelah memenangi laga final kualifikasi, Senin (24/6). Kubu tuan rumah masih berpeluang meloloskan tiga petenis tambahan ke main draw yakni Bramila Shofia Nenden, Audy Phetricia dan Samantha Nanere yang akan tampil di final kualifikasi, Selasa (25/6).

Sementara itu turnamen mendapat kunjungan Presiden Federasi Tenis Asia, Anil Khanna yang menyebut Indonesia sebagai negara penting dalam perkembangan tenis di kawasan Asia Tenggara.

“Saya yakin PP Pelti dibawah kepemimpinan Rildo Ananda Anwar, akan membawa tenis Indonesia ke arah yang lebih baik. Dan kehadiran saya di Indonesia adalah untuk meyakinkan negara ini adanya dukungan dari Federasi Tenis Asia,” tutur Anil yang didampingi Ketua Umum PP Pelti, Rildo Ananda Anwar. 



Sumber: Suara Pembaruan