Hajar Cilic, Nadal ke Perempat Final AS Terbuka

Hajar Cilic, Nadal ke Perempat Final AS Terbuka
Rafael Nadal ( Foto: AFP PHOTO )
/ JAS Selasa, 3 September 2019 | 11:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Rafael Nadal memastikan tempat di perempat final AS Terbuka (US Open), setelah menundukkan mengalahkan Marin Cilic 6-3 3-6 6-1 6-2 pada Senin (2/9/2019) atau Selasa (WIB).

Petenis unggulan kedua asal Spanyol itu mengendalikan permainan pada set pertama dengan servis dan pertahanan yang kuat. Namun, lawannya yang berkebangsaan Kroasia itu tak mau kalah sehingga berhasil merebut poin di set kedua.

Kesempatan itu sudah menguntungkan Cilic, tapi kemudian momentum itu berubah saat Nadal melompat ke udara untuk melakukan smes spektakuler yang mengejutkan para penonton di arena.

Cilic yang melakukan kesalahan ganda dalam permainan telah mengantarkan Nadal unggul 3-1 pada pertandingan di malam yang panas dan lembab di New York itu. Aksinya ini membuat seluruh penonton di Stadion Arthur Ashe pun ikut bersorak.

Nadal memastikan kemenangannya dan melaju ke perempat final untuk ke-40 kalinya dalam turnamen Grand Slam.

"Untuk beberapa saat di set kedua saya merasa dia (Cilic) telah memiliki banyak poin," kata Nadal seperti dikutip Reuters.

"Dia mendorong saya kembali, setelah set kedua, saya pikir sesuatu perlu diubah."

Pemain berusia 33 tahun itu memiliki permainan yang relatif bebas dari tekanan, ia hanya kehilangan satu set dan mendapatkan walkover di babak kedua.

Di perempat final, juara Grand Slam 18 kali itu akan bertemu dengan petenis Argentina Diego Schwartzman, yang berhasil menggulingkan Alexander Zverev di 16 besar pada pertandingan sebelumnya.

Nadal bersama dengan unggulan ketiga Roger Federer berpotensi bertemu di final hari Minggu jika kedua pemain menang. Sedangkan Federer akan menghadapi Grigor Dimitrov pada Selasa.

Nadal kini tengah berupaya mewujudkan ambisi menjadi juara AS Terbuka untuk keempat kali. Dia sebelumnya sukses menyandang gelar juara tunggal putra di kejuaraan ini pada 2010. 2013, dan 2017. Tahun lalu dia terhenti di semifinal setelah menyerah kepada petenis Argentina, Juan Martin del Potro.



Sumber: ANTARA/Reuters