Kompetisi Tenis Junior Internasional Siap Cetak Petenis Muda Berprestasi

Kompetisi Tenis Junior Internasional Siap Cetak Petenis Muda Berprestasi
PP Pelti, Direktur Turnamen dan perwakilan Amman Mineral ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Kamis, 24 Oktober 2019 | 07:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Turnamen Amman Mineral International Junior Championship 2019 siap mencetak atlet tenis muda berprestasi. Sebanyak 100 peserta dari 16 negara berusia 13-18 tahun siap bersaing di nomor tunggal dan ganda untuk putra maupun putri di Lapangan Elite Club Epicentrum Jakarta, 23-27 Oktober.

Bersamaan dengan ajang itu, Pengurus Pusat Persatuan Tenis Indonesia (PP Pelti) juga menggelar Amman Mineral Detec Junior Open 2019 dengan peserta atlet putra dan putri berusia 10, 12, 14, dan 16 tahun. Kejuaraan berskala nasional dan internasional tersebut merupakan kalender kegiatan PP Pelti. Sebelumnya, terdapat pula kejuaraan serupa yang diadakan di Padang dan Yogyakarta.

Wakil Ketua Umum PB Pelti, Sutikno Muliadi mengatakan Pelti sedang fokus membina atlet junior melalui berbagai kejuaraan. Ia menyampaikan, para atlet junior membutuhkan kesempatan bertanding untuk menambah jam terbang. Selain itu, pihaknya sedang membuat pusat data atlet junior sebagai bekal masa depan tenis Indonesia.

"Dengan data itu, kami akan lebih objektif. Kami bisa memperoleh data yang tetap dengan menggelar turnamen. Jadi potensi-potensi pemain daerah pun akan terpantau lewat turnamen seperti ini," kata Sutikno di Lapangan Elite Club Epicentrum Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sementara itu, Presiden Direktur PT Amman Mineral, Rachmat Makassau mengatakan perusahaannya ingin memberikan kontribusi dalam mengembangkan olahraga tenis nasional. 

"Dengan menggelar beberapa kejuaraan tenis berskala nasional dan internasional, kami berharap dapat menggali potensi para atlet junior dengan memberikan kesempatan kepada mereka bertanding di ajang nasional maupun internasional," ujarnya.

Head of Corporate Communications Amman Mineral Nusa Tenggara, Anita Avianty berharap para atlet tenis junior Indonesia dapat termotivasi untuk bersaing serta mencetak prestasi di tingkat dunia. “Hal ini menjadi tugas kita bersama agar semakin banyak petenis junior yang mampu mencetak prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Namun tentu saja diperlukan waktu dan proses panjang sebelum mereka sampai di tahap tersebut,” ujar dia.

Wakil Sekjen PP Pelti, Susan Soebakti mengatakan pihaknya mengapresiasi dukungan Amman Mineral atas terselenggaranya turnamen tenis junior ini. Hal ini tentunya memudahkan PP Pelti guna menjadwalkan kejuaraan atau turnamen ini jauh ke depan. Terutama untuk atlet-atlet junior, dikarenakan apabila mereka ingin mengikuti kejuaraan ini para atlet harus mendapatkan surat izin dari sekolah dan orangtua.

“Jadi apabila dari jauh-jauh hari kita infokan, mereka sudah memiliki persiapan dan sudah menyampaikan ke orangtua atau sekolah mereka masing-masing. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih karena ada sponsor yang memang komitmen untuk menggelar kejuaraan secara berkala,” tutup dia.



Sumber: Suara Pembaruan