BNI Tennis Open 2019

Jadi Juara, Christo-Aldila Optimis Raih Emas di SEA Games Manila

Jadi Juara, Christo-Aldila Optimis Raih Emas di SEA Games Manila
Ketua Umum PP Pelti, Rildo Ananda Anwar (tengah) bersama petenis pelatnas yang menjuarai turnamen BNI Tennis Open 2019 dan panitia pelaksana. ( Foto: Beritasatu Photo / Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / RSAT Sabtu, 23 November 2019 | 12:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - Petenis unggulan teratas, Christopher ‘Christo’ Rungkat (29) dan Aldila Sutjiadi (24) keluar sebagai juara tunggal BNI Tennis Open 2019. Christo menjadi yang terbaik di kelompok putra setelah mengalahkan Muhammad Rifqi Fitriadi (20), sedangkan Aldila menguasai sektor putri dengan mengandaskan perlawanan Fadona Titalyana Kusumawati (19).

Pada laga final turnamen berhadiah total Rp 250 juta yang berlangsung di lapangan The Sultan Hotel Jakarta, Jumat (22/11/2019), Aldila menang 6-1 6-3, Christo unggul 6-4 6-4. Keduanya tak kehilangan satu set pun, selalu menang lewat pertarungan straight set dalam perjalanan menuju gelar juara tunggal.

“Saya bermain lebih bagus, lebih agresif dibandingkan semi final. Servis pertama juga bagus sehingga bisa menekan lawan dari awal,” tutur petenis yang akan menjadi andalan Tim Merah Putih di SEA Games 2019 Filipina ini.

Pada pesta olahraga antar negara Asia Tenggara itu, Dila akan tampi di nomor tunggal putri dan ganda campuran bersama juara tunggal putra BNI Tennis Open 2019, Christopher Rungkat.

“Gelar ini menjadi modal berharga menuju SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Ini menjadi lanjutan dari hasil bagus selama mengikuti turnamen internasional sebelumnya,” ujarnya.

“Target? Tentu saja ingin membawa pulang medali emas dari dua nomor, singles dan mix doubles,” lanjut peraih medali emas ganda campuran Asian Games 2018 bersama Christopher Rungkat itu.

Di nomor ganda, gelar juara BNI Tennis Open 2019 ini juga menjadi milik unggulan teratas. Pada sektor putra, duet kakak beradik David Agung Susanto dan Anthony Susanto memenangi laga final atas Iqbal Bilal Saputra/Wisnu Adi Nugroho 6-4 6-4. Pasangan Beatrice Gumulya/Jessy Rompies memboyong gelar juara ganda putri dengan mengandaskan Deria Nur Haliza/Fadona Titalyana 6-2 6-4.

Sementara itu seusai turnamen, Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Indonesia (PP Pelti) Rildo Ananda Anwar melepas Tim Pelatnas Tenis yang akan berlaga di pesta olahraga negara Asia Tenggara. Indonesia mengirim 10 petenis terdiri dari Christopher Rungkat, David Agung Susanto, Anthony Susanto, Muhammad Rifqi Fitriadi dan Ari Fahresi (putra) serta Jessy Rompies, Beatrice Gumulya, Aldila Sutjiadi, Rifanty Kahfiani dan Priska Madelyn Nugroho.

Laga tenis SEA Games memperebutkan 5 medali emas dan akan berlangsung di hard court Rizal Merorial Sport Complex di Manila, Filipina.

“Kami yakin mampu memenuhi target, merebut dua medali emas tenis SEA Games 2019 dari nomor ganda campuran dan ganda putri. Dengan berakhirnya turnamen BNI Tennis Open 2019 ini, pemain mendapat ujicoba pertandingan sesungguhnya yang terakhir sebelum berangkat dan berjuang di SEA Games 2019. Skuat Tim Tenis Indonesia menjadi lebih siap tempur di Manila Filipina,” ujar Rildo yakin.

Hasil Final BNI Tennis Open 2019:

Tunggal Putra
1-Christopher Rungkat (Jawa Timur) v 3-M. Rifqi Fitriadi (Jawa Timur) 6-4 6-4

Ganda Putra
1-Anthony Susanto/David Agung Susanto (Jawa Timur) v 2-Iqbal Bilal Saputra (Kalimantan Timur)/Wisnu Adi Nugroho (Jawa Tengah) 6-4 6-4

Tunggal Putri
1-Aldila Sutjiadi (Jawa Timur) v 2-Fadona Titalyana (Kalimantan Selatan) 6-1 6-3

Ganda Putri
1-Beatrice Gumulya/Jessy Rompies (Jawa Timur) v 4-Deria Nur Haliza (DKI)/Fadona Titalyana (Kalimantan Selatan) 6-2 6-4



Sumber: Suara Pembaruan