Liga Arab Dukung Paraguay Pindahkan Kedubes Israel

Liga Arab Dukung Paraguay Pindahkan Kedubes Israel
Unjuk rasa yang dilakukan penduduk Palestina di Jalur Gaza, Israel. ( Foto: ist )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 8 September 2018 | 09:07 WIB

Kairo - Liga Arab telah menyambut positif keputusan Paraguay untuk merelokasi kedutaannya dari kota Yerusalem yang diperebutkan kembali ke Tel Aviv di Israel.
Kepada wartawan, Kamis (6/9), Saeed Abu Ali, asisten sekretaris jenderal liga untuk urusan Palestina memuji sikap Paraguay.

Abu Ali mengatakan bahwa tindakan Paraguay akan berfungsi sebagai model bagi negara-negara lain dalam menghadapi rencana Israel dan tekanan AS. Dia juga mengatakan itu juga akan secara positif mencerminkan hubungan Arab-Paraguay.

Abu Ali memuji langkah Paraguay sebagai "jalur yang benar" dan sesuai dengan resolusi legitimasi internasional.

Pada Rabu (5/9), Paraguay menegaskan akan mengembalikan kedutaannya di Israel ke Kota Tel Aviv. Kebijakan itu dilakukan setelah pemerintah Paraguay sebelumnya memindahkannya ke Yerusalem pada Mei. Merespons tindakan itu, Israel mengumumkan rencana penutupan kedutaannya di Paraguay.

"Paraguay ingin berkontribusi pada intensifikasi upaya diplomatik regional untuk mencapai perdamaian yang luas, adil dan abadi di Timur Tengah," kata Menteri Luar Negeri Luis Alberto Castiglioni pada Rabu (5/9).

Menlu Luis Alberto Castiglioni mengumumkan langkah Paraguay atas polemik lokasi kedubes untuk Israel. Dia menyerukan keputusan oleh mantan Presiden Horacio Cartes adalah cacat hukum dan tidak dapat dibenarkan.

"Paraguay ingin berkontribusi pada intensifikasi upaya diplomatik regional untuk mencapai perdamaian yang luas, adil dan abadi di Timur Tengah," kata Castiglioni pada Rabu.



Sumber: Suara Pembaruan