CNN: Saudi Siap Akui Pembunuhan Khashoggi

CNN: Saudi Siap Akui Pembunuhan Khashoggi
Jamal Khashoggi ( Foto: Dok SP )
Heru Andriyanto / HA Selasa, 16 Oktober 2018 | 17:18 WIB

Riyadh - Arab Saudi bersiap untuk mengakui bahwa jurnalis Jamal Khashoggi tewas dibunuh, menurut stasiun televisi berita CNN, Selasa (16/10).

Hari yang sama, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo tiba di Riyadh untuk melakukan pembicaraan dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas kasus hilangnya Khashoggi sejak dia masuk ke gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, 2 Oktober silam.

Khashoggi, kolomnis Washington Post, diduga dibunuh di dalam gedung tersebut. Sebelumnya, pemerintah Saudi berkeras bahwa Khashoggi telah meninggalkan konsulat pada sore hari itu juga, tetapi mereka tidak menunjukkan bukti apa pun.

Presiden AS Donald Trump mengindikasikan bahwa "para pembunuh kejam" mungkin telah menghabisi nyawa Khashoggi. Ucapannya itu disampaikan sebelum dia mengirim Pompeo ke Riyadh.

CNN memberitakan bahwa menurut sumber, Saudi tengah menyiapkan sebuah laporan yang akan memuat pengakuan bahwa Khashoggi meninggal akibat dari "interogasi yang berjalan keliru".

Sumber-sumber CNN itu disebut mengatakan interogasi terhadap Khashoggi sebetulnya dimaksudkan untuk menculiknya dari Turki.

Salah satu sumber CNN mengatakan laporan itu mungkin akan berisi kesimpulan bahwa operasi yang dilakukan di Turki tanpa izin dan transparansi, dan mereka yang bertanggung jawab akan ditindak secara hukum.

Laporan tersebut masih dalam persiapan dan mungkin akan ada perubahan, kata sumber tersebut seperti dikutip CNN.



Sumber: CNN