Setelah Resmi Talak Cerai, Wanita Saudi Akan Dapat Konfirmasi

Setelah Resmi Talak Cerai, Wanita Saudi Akan Dapat Konfirmasi
Para wanita Arab Saudi berswafoto saat acara peragaan busana di Jeddah, beberapa waktu silam. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 7 Januari 2019 | 20:26 WIB

Riyadh- Wanita di Arab Saudi akan diberitahu melalui pesan teks ketika mereka bercerai. Hal itu menjadi ketentuan menurut undang-undang baru yang mulai berlaku pada Minggu (6/1).

Undang-undang baru ini dilihat sebagai cara untuk mengakhiri perceraian rahasia dan memastikan perempuan sepenuhnya menyadari status perkawinan mereka sehingga dapat melindungi hak-hak seperti tunjangan.

Langkah ini dilakukan ketika Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah mulai memberi perempuan lebih banyak hak di kerajaan konservatif, yang termasuk mencabut larangan mengemudi perempuan tahun lalu.

“Pengadilan Saudi telah mulai mengirim pemberitahuan (perceraian) semacam itu ... sebuah langkah yang bertujuan melindungi hak-hak klien wanita,” bunyi pernyataan Kementerian Kehakiman Saudi di situs resminya.

Dikatakan, perempuan bisa memeriksa status perkawinan mereka di situs resmi kementerian atau mengunjungi pengadilan terkait untuk mendapatkan salinan surat cerai.

“Di sebagian besar negara-negara Arab, pria hanya bisa menceraikan istri mereka,” kata Suad Abu-Dayyeh dari kelompok hak asasi global, Equality Now.

“Setidaknya wanita akan tahu apakah mereka bercerai atau tidak. Ini langkah kecil, tapi ini langkah ke arah yang benar,” katanya kepada Thomson Reuters Foundation melalui telepon.

Namun Abu-Dayyeh mengatakan mengetahui tentang perceraian tidak berarti seorang wanita akan mendapatkan tunjangan atau hak asuh anak-anaknya.



Sumber: Suara Pembaruan