Saudi Umumkan Pengurangan Produksi Minyak, Harga Melonjak

Saudi Umumkan Pengurangan Produksi Minyak, Harga Melonjak
Menteri Perminyakan Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman berbicara saat upacara pembukaan Kongres Energi Dunia (WEC) ke-24 di ibu kota UEA, Abu Dhabi, Senin (9/9/2019). ( Foto: AFP / KARIM SAHIB )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 10 September 2019 | 20:46 WIB

New York, Beritasatu.com- Harga minyak mentah mengalami lonjakan karena menteri minyak baru Saudi mengisyaratkan akan melakukan pengurangan produksi dan mempertahankan harga minyak. Pangeran Abdulaziz bin Salman, mengatakan pengurangan produksi minyak akan menguntungkan semua negara pengekspor.

Dalam komentar pertama sejak ditunjuk oleh sang ayah Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud pada Minggu (8/9), Menteri Pangeran Abdulaziz mengisyaratkan tidak ada perubahan besar dalam pendekatan di Arab Saudi, pemimpin OPEC de facto yang memompa sekitar sepertiga dari minyak kartel.

“Pilar kebijakan minyak kami sudah ditentukan sebelumnya dan tidak akan berubah,” katanya kepada penyiar Arab Saudi Al-Arabiya.

Penunjukan Pangeran Abdulaziz, saudara tiri dari penguasa Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, menandai pertama kalinya seorang anggota keluarga kerajaan ditugaskan untuk menangani kementerian energi yang sangat penting.

Dia menggantikan pejabat veteran Khalid al-Falih karena pengekspor minyak mentah utama dunia mempercepat persiapan untuk penjualan saham perdana perusahaan raksasa minyak milik negara, Aramco, yang diperkirakan akan menjadi yang terbesar di dunia.

Raja Arab Saudi Salman pada Minggu (8/9) menggantikan menteri energi dengan salah satu putranya. Setidaknya dalam tiga tahun, Saudi telah memecat dua menteri perminyakan. Pergantian ini merupakan perombakan besar ketika negara terbesar OPEC itu terpukul dari harga minyak yang rendah.



Sumber: Suara Pembaruan