ISIS Tunjuk Pengganti Abu Bakar al-Baghdadi

ISIS Tunjuk Pengganti Abu Bakar al-Baghdadi
Jenderal Korps Marinir AS Kenneth McKenzie, komandan Komando Pusat AS, berbicara saat gambar Abu Bakar al-Baghdadi terpampang dalam jumpa pers di halaman Pentagon di Arlington, Virginia, AS, Kamis (30/10/2019). ( Foto: AFP/ Getty Images / Alex Wong )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 1 November 2019 | 19:52 WIB

Damaskus, Beritasatu.com- Kelompok jihadis Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) untuk pertama kalinya mengkonfirmasi kematian pemimpin, Abu Bakar al-Baghdadi. Pada Kamis, (31/10), ISIS juga menunjuk penggantinya.

Outlet ISIS mengumumkan pada layanan pesan Telegram bahwa Abu Ibrahim al-Hashemi al-Qurashi adalah pemimpin baru dan "khalifah" kelompok tersebut.

Pasukan khusus AS melacak Baghdadi di barat laut Suriah pada akhir pekan dan menyerang kompleksnya. Pemimpin ISIS itu sempat melarikan diri ke satu terowongan, lalu meledakkan diri dengan rompi bom bunuh diri.

Irak bahkan menawarkan hadiah US$ 25 juta (Rp350 miliar) untuk kepala Baghdadi. Buronan ini telah diburu oleh AS dan sekutunya sejak munculnya ISIS pada lima tahun lalu.

Pada Kamis (31/10), ISIS juga mengonfirmasi kematian juru bicara Abu al-Hasan al-Muhajir - yang tewas dalam operasi gabungan di Suriah utara oleh pasukan Kurdi dan Suriah beberapa jam setelah operasi yang menargetkan Baghdadi. Warga Saudi itu telah dianggap sebagai penerus potensial.

Juru bicara ISIS yang baru, Abu Hamza al-Qurashi, juga meminta umat Islam untuk bersumpah setia kepada Abu Ibrahim al-Hashemi. Dalam pernyataan resmi, juru bicara baru ISIS mengatakan, Dewan Syura kelompok itu bertemu segera setelah kematian Baghdadi dikonfirmasi dan berjanji setia kepada Hashemi.

Nama Hashemi tidak diketahui oleh pasukan keamanan, dan diyakini sebagai nom de guerre. ISIS tidak memberikan banyak detail tentang pemimpin baru atau merilis foto, tetapi kelompok itu menggambarkan dia sebagai "tokoh terkemuka dalam jihad".



Sumber: Suara Pembaruan