Kakak Perempuan Baghdadi Ditangkap Militer Turki

Kakak Perempuan Baghdadi Ditangkap Militer Turki
Foto tak bertanggal yang diambil dan dirilis oleh layanan pers Pemerintah Turki, menunjukkan Rasmiya Awad, yang diyakini sebagai saudara perempuan pemimpin ISIS yang terbunuh, Abu Bakar al-Baghdadi, yang ditangkap di kota Azaz di Suriah utara oleh keamanan Turki. ( Foto: AFP/Pemerintah Turki / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 6 November 2019 | 19:24 WIB

Istanbul, Beritasatu.com- Kakak dari mantan pemimpin kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi telah ditangkap di Suriah utara. Seperti dilaporkan BBC, Selasa (5/11), pejabat Turki mengatakan perempuan berusia 65 tahun itu, bernama Rasmiya Awad

Para pejabat menambahkan perempuan itu ditahan dalam serangan pada Senin di dekat kota Azaz. Penangkapan itu diyakini bisa menghasilkan informasi intelijen berharga tentang ISIS.

Baghdadi bunuh diri dalam serangan pasukan khusus AS di kompleks rumahnya, di Suriah barat laut, pada bulan lalu.

Kematian Baghdadi dipuji sebagai kemenangan bagi Presiden AS Donald Trump, tetapi para kritikus berpendapat bahwa ISIS tetap menjadi ancaman keamanan di Suriah dan di tempat lain.

Seorang pejabat Turki mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa penangkapan kakak perempuan Baghdadi dapat membantu menjelaskan "pekerjaan dalam" ISIS.

Direktur komunikasi Kepresidenan Turki Recep Tayyip Erdogan memuji penangkapan itu sebagai contoh lain keberhasilan operasi anti-terorisme Turki.

Sedikit yang diketahui tentang saudara perempuan Baghdadi dan BBC belum dapat memverifikasi secara independen identitas wanita yang ditangkap.

New York Times melaporkan, Baghdadi memiliki beberapa saudara lelaki dan perempuan, meskipun tidak jelas apakah mereka semua masih hidup.

Penangkapan itu dilaporkan dilakukan di provinsi Aleppo, yang dikendalikan oleh Turki setelah melancarkan serangan di daerah itu pada bulan lalu.



Sumber: Suara Pembaruan