Bahas Investasi, Presiden Bertolak ke Abu Dhabi

Bahas Investasi, Presiden Bertolak ke Abu Dhabi
Presiden Joko Widodo saat akan bertolak ke luar negeri. ( Foto: dok )
Novy Lumanauw / YUD Minggu, 12 Januari 2020 | 10:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), untuk melakukan pembicaraan mengenai kerja sama ekonomi dan investasi dengan UEA.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan direncanakan mendarat di Abu Dhabi International Airport.

Pada hari pertama kunjungannya ke Abu Dhabi ini, Presiden Jokowi akan disambut dengan upacara penyambutan resmi di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan oleh Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ).

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono yang turut serta dalam kunjungan ke UEA menyampaikan bahwa di Abu Dhabi, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan MBZ.

“Pertemuan bilateral ini untuk menindaklanjuti hasil kunjungan MBZ ke Bogor pada 24 Juli 2019 yang lalu,” kata Heru.

Heru menambahkan, adapun isu yang akan dibahas Presiden dengan MBZ antara lain kerja sama ekonomi, khususnya investasi UEA di Indonesia.

Sementara itu, pada hari kedua, Senin 13 Januari 2020, Presiden Jokowi dijadwalkan akan menyampaikan pidato kunci di Abu Dhabi Sustainability Week.

“Di Abu Dhabi Sustainability Week, Presiden akan menyampaikan model pembangunan green but bright economic development. Presiden juga akan mengenalkan sebuah paradigma baru dari ketahanan energi menjadi energi yang berkelanjutan, from energy security to sustainable energy,” kata Heru.

Ia mengatakan bahwa Presiden Jokowi dan rombongan akan tiba ke Tanah Air pada Senin (13/1) tengah malam.

Turut mendampingi Kepala Negara dalam penerbangan menuju Abu Dhabi antara lain, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto.

Selain itu turut pula Komandan Paspamres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Abu Dhabi untuk mempersiapkan kedatangan Kepala Negara.



Sumber: Investor Daily