Ini 10 Petinju Terkaya di Dunia

Ini 10 Petinju Terkaya di Dunia
Floyd Mayweather Jr ( Foto: istimewa )
Hendro D Situmorang / YUD Senin, 26 November 2018 | 07:26 WIB

Jakarta - Tinju profesional ternyata mendatangkan pundi-pundi bagi atletnya. Berkat cabang olahraga tinju ini mereka menjadi atlet terkaya sepanjang masa saat ini di dunia.

Petinju profesional yang banyak disaksikan dunia mendatangkan jutaan pelanggan membayar untuk menonton, iklan oleh merek besar dan dukungan dari berbagai brand atau sponsor menguntungkan bagi sang petinju dengan merangkum jumlah uang yang sangat besar yang dibayarkan.

Berikut 10 daftar petinju berbayar tertinggi sepanjang masa dengan kekayaan bersih dan gaji berdasarkan daftar dari Forbes dan Sportseon.

1. Floyd Mayweather Jr
Petinju asal Amerika Floyd Mayweather Jr menghasilkan sekitar $ 80 Juta hingga $ 150 juta per pertandingan dan menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di kompetisi tinju dunia. Situs tinju seperti The Ring, Sports Illustrated, ESPN, BoxRec, Fox Sports, dan Yahoo! melaporkan ini sebagai cabor yang mengejutkan rekor penghasilannya sendiri.

Kelas bulu super, ringan, junior welterweight, welterweight dua kali dan super welterweight lima kelas berat yang berbeda ini telah memenangkan 15 gelar dunia yang belum pernah terjadi sebelumnya. Itulah Way dia adalah petinju terkaya di dunia sekarang. Ditambah dengan rekor 50-0 kali menang dan kekayaan bersih mencapai 400 juta US$.

2. George Foreman
Petinju asal Filipina, George Foreman menempati posisi kedua dengan nama yang berbeda atau dengan beberapa prestasi seperti petinju, penulis, pengusaha dan aktor. Dia mengakhiri kariernya di tahun 1997 sekaligus meraih medali emas Olimpiade dan dua kejuaraan kelas berat dunia.

Sebagian besar penggemar tinju mengenalnya sebagai seorang pemuda berusia 24 tahun dari Texas yang memberikan TKO kepada Joe Frazier yang tak terkalahkan pada tahun 1973. Ia adalah satu-satunya pemain yang mengalahkan Muhammad Ali dalam salah satu peristiwa tinju global besar sepanjang masa di Zaire. Dia menjadi juru bicara Russell Hobbs Inc, sebagai produsen peralatan rumah setelah pensiun. Kekayaan bersih: 300 Juta US$

3. Manny Pacquiao
Petinju asal Filipina Manny Pacquiao adalah seorang petinju, politisi, aktor, dan musisi. Dalam dunia tinju, para ahli dunia bangga menganggapnya sebagai petinju nomor 3 di dunia karena ia memenangkan gelar dalam tujuh kelas berat yang berbeda.

Legenda industri olahraga tinju juga menyukai musik. Baru-baru ini sebuah analisis menunjukkan bahwa album musiknya telah terjual lebih dari 2 juta kopi secara global. Kekayaan Pacquiao juga telah ditambahkan oleh dukungan dari perusahaan seperti Nike, Nestle, Foot Locker. Kekayaan bersih: 230 Juta US$

4. Oscar De La Hoya
Petinju asal Amerika ini dijuluki "The Golden Boy" berasal dari keluarga dengan latar belakang tinju. De La Hoya adalah salah satu dari non kelas berat untuk menjadi selebriti budaya pop. Dalam kariernya, Oscar mencatat 234 kemenangan yang mengesankan dan 163 diantaranya adalah KO dan hanya memiliki 6 kekalahan.

Pada Olimpiade Bercelona 1992, ia meraih medali emas dan pada tahun 1990, ia memenangkan kejuaraan Kejuaraan Nasional AS. Pada tahun 2008 ia kalah dalam pertandingan melawan Manny Pacquioa dan memutuskan untuk menyelesaikan karier tinjunya.

Sektor fashion, pernak-pernik dan pertunjukan operasi tinju Spanyol di HBO juga membantu untuk mencapai kekayaan tertinggi. Kekayaan bersih: 200 juta US$.

5. Lennox Lewis
Petinju profesional Inggris menjadi juara dunia kelas berat yang tak terbantahkan dan mantan juara kelas berat. Ia dinobatkan sebagai "The Fighter Of Year" pada tahun 1999 oleh BWAA.

Kemenangannya yang terkenal seperti saat meng-KO Mike Tyson pada tahun 2002, Evander Holyfield dan Vital Klitschko pada tahun 2003. Pada tahun 1988 ia juga meraih medali emas di Olimpiade untuk negaranya Kanada. Sang juara telah berada di catatan sejarah sebagai salah satu dari lima petinju sepanjang masa untuk memenangkan kejuaraan kelas berat tiga kali. Kekayaan bersih: 135 juta US$.

6. Sugar Ray Leonard
Petinju asal Amerika ini memenangkan gelar juara dunia dalam lima divisi berat badan yang berbeda. Sugar Ray Leonard adalah petinju pertama yang memenangkan sabuk gelar dalam lima kelas berat badan yang berbeda dan itu adalah rekor dunia yang sudah lama ada.

Leonard mengakhiri kariernya dengan Boxer of the Decade untuk tahun 1980-an. Sugar mendeklarasikan pembawa tinju profesionalnya berakhir pada tahun 1997. Dia adalah seorang pembicara motivasi dan aktor sesekali.

Kekayaan Leonard kaya semakin banyak berkat berbagai dukungan yang telah diterimanya dari perusahaan seperti EA Sports, Coca-Cola, Sugar Ray juga telah melaju ke industri film yang ditampilkan dalam film seperti The Fighter, Riot antara lain. menerbitkan otobiografinya sendiri The Big Fight. Kekayaan bersih: 120 juta US$

7. Vitali Klitschko
Vitali Klitschko petinju asal Ukraina dikenal sebagai Dr. Ironfist di dunia tinju karena pukulannya yang kuat. Kehidupan kariernya yang sukses dikaitkan dengan beberapa penghargaan.

Vitali telah memenangkan seperti kejuaraan kelas berat super pada pertandingan militer dunia di kelas berat WBC Italia dan medali perak untuk memenangkan gelar persahabatan amatir dunia. Ia adalah juara dunia kelas berat tiga kali dan juara bertahan kelas delapan terlama sepanjang masa.

Setelah pensiun di tinju pada tahun 2013, ia terlibat dalam politik Ukraina dan pendiri Aliansi Demokratik Demokrasi Ukraina (UDAR). Kekayaan bersih: 65 juta US$.

8. Muhammad Ali
Petinju muslim asal Amerika terbesar pertama Muhammad Ali adalah ikon dan menjadi legenda dalam olahraga. Dia juga seorang filantropis dan aktivis sosial.

Dia bermitra dengan pelatih tinju Fred Stoner dan rekannya memenangkan banyak kejuaraan seperti Amateur Athletic Junior Title, dua Sarung Tangan Emas Nasional, enam Sarung Tangan Emas Kentucky dan pada tahun 1960 memenangkan medali emas ringan di Olimpiade. Kekayaan bersih: 50 juta US$.

9. Marvin Hagler
The International Boxing Hall of Fame Marvin Hagler adalah mantan petinju Amerika. Ia juga seorang Juara Kelas Menengah dan ia menjadi juara dunia kelas menengah yang tak terbantahkan untuk rekor tujuh tahun antara 1980 -1987.

Di dunia, ia dikenal sebagai "Fighter of the Year" dan "Fighter of the Decade", "Marvelous Marvin Hagler" Marvin menduduki peringkat ke-6 sebagai kelas menengah terbaik sepanjang masa oleh International Boxing Research Organization dan Box Rec.

Saat ini ia akrab sebagai salah satu petinju terbesar sepanjang masa. Setelah mengakhiri kariernya, Pembina Profesional Hagler telah tampil dalam industri film di film-film seperti Indio, Leather Lunch Date, dan lain-lain.
Kekayaan bersih: 45 juta US$.

10. Bernard Hopkins
Petinju asal Amerika ini merupakan atlet tinju kelas menengah dan ringan. Dia dikenal sebagai "The Executioner", "The Alien" dan "The B-Hop".

Dia adalah petinju bertahan dan membawa kecepatan dan kekuatan yang baik bersama dengan keterampilan meninju lawan. Hopkins adalah mantan Juara Dunia Middleweight. Dalam sejarah tinju, ia adalah satu-satunya pemain yang mempertahankan gelar kelas menengahnya 20 kali dan rekor dunia. Kekayaan bersih: 40 juta US$.



Sumber: Sportseon
CLOSE