Tumbangkan Joshua, Ruiz Rampas Sabuk Juara Dunia Kelas Berat

Tumbangkan Joshua, Ruiz Rampas Sabuk Juara Dunia Kelas Berat
Petinju Amerika Serikat berdarah Meksiko, Andy Ruiz Jr (kiri) berupaya menghindari pukulan Anthony Joshua dalam laga tinju kelas berat di Madison Square Garden, 1 Juni 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
/ JAS Minggu, 2 Juni 2019 | 11:40 WIB

New York, Beritasatu.com - Andy Ruiz Jr mengakhiri perlawanan juara dunia tinju kelas berat asal Inggris, Anthony Joshua, dengan TKO di ronde ketujuh dalam pertandingan perebutan gelar di Madison Square Garden, New York, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu pagi WIB.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Ruiz menjadi orang Meksiko-Amerika pertama yang meraih gelar juara dunia tinju kelas berat.

Joshua, yang sebelumnya tidak terkalahkan dan bertarung untuk pertama kalinya di Amerika Serikat untuk mempertahankan gelar juara versi IBF, WBA, dan WBO-nya, empat kali dijatuhkan Ruiz dalam pertarungan tersebut sebelum akhirnya wasit menghentikan pertandingan pada ronde ketujuh.

Sebelumnya Ruiz tidak punya banyak waktu untuk persiapan mengalahkan sang juara mengingat dia hanya memiliki waktu lima minggu saja setelah lawan yang dijadwalkan Joshua sebelumnya, Jarrell Miller, terdeteksi positif mengonsumsi doping.

Ruiz dijatuhkan ke kanvas di ronde ketiga, tetapi petarung kelas berat itu bangkit dan menjatuhkan petinju Inggris itu di babak yang sama dan Joshua pun masih beruntung diselamatkan waktu berakhirnya ronde.

Joshua tampak pulih dan kembali melakukan pukulan kerasnya dengan baik pada beberapa ronde berikutnya, tetapi Ruiz berhasil mendaratkan pukulan kerasnya di ronde keenam sehingga membuat sang juara terhuyung-huyung.

Joshua mencoba bertahan dari pukulan-pukulan Ruiz selama hampir dua menit tersisa pada ronde ketujuh dan akhirnya petinju Inggris itu bertekuk lututnya saat mencoba berjalan ke sudut netral.

Wasit sempat bertanya kepadanya apakah dia masih akan melanjutkan pertandingan sebelum akhirnya melambaikan tangan untuk mengakhiri pertarungan, seraya disambut gegap gempita oleh Ruiz dan pelatihnya di atas ring.

Dengan kekalahan ini, rekor Joshua pun kini "ternoda". Sebelumnya, petinju yang meraih emas Olimpiade 2012 ini sebelumnya selalu menang dalam 22 pertandingan. Sementara rekor Andy Ruiz kini menjadi 33 menang, 21 di antaranya dengan KO, dan hanya sekali kalah. Ruiz juga kini berhak menyandang sabuk juara kelas berat versi WBA (Super), IBF, WBO, dan IBO yang sebelumnya milik Joshua.



Sumber: ANTARA/Reuters