Kontingen Empat Negara IBT Cup XXIII Mulai Berdatangan di Labuan Bajo

Kontingen Empat Negara IBT Cup XXIII Mulai Berdatangan di Labuan Bajo
Kontingen 8 negara ikut International Boxing Tournament Presiden (IBT) Cup XXIII di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur tiba di Labuan Bajo, Jumat (19/7/2019. ( Foto: beritasatu.com / Willy Grasias )
Willy Grasias / EHD Sabtu, 20 Juli 2019 | 12:53 WIB

Labuan Bajo, Beritasatu.com - Kontingen empat dari 30-an negara peserta International Boxing Tournament Presiden (IBT) Cup XXIII di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur tiba di Labuan Bajo, Jumat (19/7/2019) siang. Empat negara yang dimaksud adalah Philipina, Thailand, Srilangka, dan Italia, tiba di Labuan Bajo, Jumat (19/7) siang.

Sedangkan kontingen dari 28 negara lainnya, dipastikan tiba di Labuan Bajo Minggu (21/7) sehari sebelum acara pembukaan turnamen.

Hal tersebut di jelaskan Ketua Panitia Tinju Internasional Piala Presiden ke-23 , Ajun Komisari Besar Polisi Julisa Kusumowardono, kepada wartawan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, kemarin.

“Panitia sudah siapkan tujuh tempat penginapan peserta event yakni, Bintang Flores, Luwansa, Plago, Kalton, Sylvia, Exotic, dan Hotel Pavilla,” ungkap Julisa Kusumowardono yang juga Kapolres Manggarai Barat (Mabar) itu.

Julisa menjelaskan, personel Polres Mabar akan siap mengamankan event tinju internasional tersebut dengan menurunkan 250 personel polisi, ditambah personel TNI dan Satpol PP. Pengamanan akan dilakukan di lokasi arena tinju hingga penginapan para atlet tinju.

“Polres Manggarai Barat akan mengamankan dari lokasi tinju hingga tempat penginapan para petinju. Kami pastikan semua berjalan dengan lancar dan aman,” ujar Julisa.

Dalam waktu dekat, pihak Polres Mabar menggelar operasi dengan penekanan preventif, didukung preemtif, intelejen dan penegakan hukum, serta rehabilitasi. Sebab, event tinju akan melibatkan peserta dari puluhan negara di dunia sehingga dibutuhkan kondisi yang aman.

Sebelumnya, mantan petinju amatir yang pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang tinju kelas internasional Brigjen Pol Jhony Asadoma mengatakan, hingga saat ini persiapan IBT di Labuan Bajo sudah mencapai 90%.

Johni yang juga Wakapolda NTT itu juga menjelaskn bahwa penyelenggaraan event ini menggandeng sejumlah pihak seperti Pertina Pusat, Pemprov NTT, dan Pemkab Manggarai Barat dan seluruh Pemkab di daratan Flores.

“Ini udah boleh dibilang 90%-lah. Tidak ada kendala, semuanya lancar-lancar saja. Sudah bagus, lancar semua pokoknya. Bahkan nanti akan ada bazAar dan kita sulap lokasi menjadi lebih baik,” tutup Ketua PB Pertina Indonesia.

Jumat (19/7/2019), pukul 08.40 Wita penyambutan kontingen pertama dari Filipina sejumlah 8 orang telah selesai dilaksanakan.