Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik
Ilustrasi mobil bekas. ( Foto: Herman )
Herman / FER Selasa, 13 Juni 2017 | 20:53 WIB

Jakarta - ‪Menjelang Lebaran, kebutuhan akan mobil seken atau bekas selalu meningkat. Sayangnya kondisi tersebut sering dimanfaatkan oleh orang jahat untuk melakukan praktik curang.‬ Lantaran terburu-buru membeli mobil bekas untuk dipakai sebagai kendaraan mudik, banyak yang tertipu dengan tampilan mobil bekas yang terlihat seperti baru, padahal kualitasnya sangat buruk.

‪Chief Operating Officer mobil88, Halomoan Fischer, mengatakan, menjelang Lebaran seperti saat ini, tidak sedikit konsumen mobil bekas yang tertipu karena praktik manipulasi kondisi mobil bekas yang tidak berkualitas, misalnya bekas tertabrak atau bekas terendam banjir.

"Menjelang Lebaran ini, banyak konsumen yang tidak punya cukup waktu untuk memilih-milih mobil bekas. Karena terdesak oleh kebutuhan untuk kendaraan mudik, akhirnya asal beli saja. Kondisi ini seringkali dimanfaatkan pedagang jahat untuk melakukan kecurangan," ujar Halomoan Fischer, di Jakarta, Selasa (13/6).

Praktik kecurangan lain yang sering dijumpai seperti memanipulasi speedometer seolah-seolah jarak tempuhnya masih sedikit.‬ Selain itu, dokumen kendaraan juga sering dipalsukan.

Agar tidak menjadi korban, Halomoan berpesan agar membeli mobil seken di tempat yang resmi dan terpercaya, serta memberikan layanan garansi. Sehingga apabila konsumen mengalami berbagai risiko tersebut, mereka bisa langsung meminta pertanggungjawaban.‬

"Di mobil88, mobil bekas yang dijual sudah melalui proses pengujian dan seleksi yang ketat. Tim kami bahkan sampai harus ditraining selama enam bulan untuk bisa melihat apakah kondisinya masih bagus atau tidak. Jadi sebaiknya beli mobil bekas di tempat yang terpercaya. Karena untuk masyarakat awam, sangat sulit mengetahui kelayakan sebuah mobil bekas," tutur Halomoan.

Sebagai salah satu unit bisnis PT Serasi Autoraya, anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk, Mobil88 telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1988. Saat ini Mobil88 beroperasi di 9 kota besar di Indonesia dengan memiliki 23 cabang.

 



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE