Untuk Pemudik Motor, Empat Komponen Ini Wajib Diperiksa

Untuk Pemudik Motor, Empat Komponen Ini Wajib Diperiksa
Pemudik dengan mengendarai sepeda motor melintasi Kota Bekasi, pada Jumat petang, 1 Juni 2016. ( Foto: Suarapembaruan/Mikael Niman )
Herman / CAH Rabu, 21 Juni 2017 | 14:32 WIB

Jakarta - Mudik menggunakan sepeda motor memang tidak dianjurkan, apalagi kalau harus menempuh perjalanan yang sangat jauh. Namun setiap tahunnya masih cukup banyak ditemukan pemudik yang menggunakan moda transportasi tersebut.

Bila memang tidak ada alternatif moda transportasi lain, pemudik yang menggunakan sepeda motor harus melakukan pengecekan menyeluruh pada sepeda motornya untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakan, terutama pengecekan terhadap empat bagian penting dari sepeda motor.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desianto menyampaikan, empat bagian penting dari sepeda motor yang harus mendapatkan perhatian khusus sebelum dipakai mudik adalah roda, lampu-lampu, rem, dan mesin.

"Bada bagian roda, segera cek untuk kondisi ban, jari-jari atau velg, dan rantai atau belt yang menjadi penggerak roda. Pastikan ban memiliki alur pembuangan air yang baik, dan memiliki daya cengkram yang maksimal," papar Oke Desianto dalam keterangan resminya yang diterima Beritasatu.com, Rabu (21/6).

Selain roda, lampu-lampu juga harus dipastikan dalam kondisi baik. Karena menurut Oke, bagian ini merupakan komponen vital yang menjadi alat komunikasi pengendara dengan pengguna jalan lainnya. Selain itu, pastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik. Cek tebal dan kebersihan kampas rem.

"Terakhir, cek kondisi mesin sebagai alat penggerak motor. Pastikan oli dalam kondisi baik dan mesin memiliki tenaga yang maksimal," pesan Oke.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE