Perhatikan 7 Hal Ini Bila Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Perhatikan 7 Hal Ini Bila Mudik dengan Kendaraan Pribadi
Pemudik dengan mobil pribadi antre menuju kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, 23 Juni 2017. ( Foto: Antara/Sigid Kurniawan )
Herman / FMB Kamis, 30 Mei 2019 | 12:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Meskipun moda transportasi umum untuk perjalanan mudik sudah banyak tersedia, banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Bila Anda termasuk salah satunya, ada baiknya memperhatikan tip dari Adira Insurance berikut ini, supaya perjalanan mudik Anda dengan kendaraan pribadi lebih aman dan menyenangkan.

1. Buat perencanaan perjalanan mudik dengan baik
Ketika akan mudik, ada baiknya melakukan perencanaan yang matang seperti ruas mana yang akan dilintasi, jarak tempuh yang akan dilalui, waktu yang akan ditempuh, serta perkiraan tempat istirahat yang akan disinggahi.

2. Cek kondisi mobil
Pastikan mobil Anda sudah diservis sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal ini penting untuk memberikan jaminan mobil Anda selalu berjalan dengan performa terbaiknya. Beberapa bagian mobil yang harus dicek seperti mesin mobil, radiator, aki mobil, ban mobil (kondisi angin), maupun oli mobil. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kapasitas mobil. Jangan dipaksakan untuk membawa lebih banyak penumpang.

3. Kondisi tubuh yang sehat
Saat mudik, pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat untuk menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan.

4. Barang yang harus dibawa
Agar mudik Anda nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak terduga, ada baiknya Anda menyiapkan barang-barang penting untuk perjalanan mudik. Beberapa barang yang harus dibawa antara lain ban serep dan dongkrak, toolkit, alat navigasi, kotak P3K, kartu identitas, uang tunai, hingga uang elektronik dengan saldo yang cukup.

5. Istirahat setiap 3 jam sekali
Bagi pengemudi, Anda perlu beristirahat setidaknya 3 jam sekali. Hal ini diyakini dapat membuat kondisi tubuh dan konsentrasi Anda kembali pulih. Anda tidak perlu terburu-buru agar bisa sampai tempat tujuan. Pahami kapan Anda harus mengemudi dan kapan harus beristirahat.

6. Patuhi peraturan lalu lintas
Agar tetap selamat dan aman, Anda harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Mengutamakan keselamatan di jalan adalah hal yang berharga untuk Anda dan keluarga. Pahami juga batas maksimal kendaraan saat melaju di ruas jalan, baik jalan tol maupun jalan nasional.

7. Alihkan risiko
Berbagai risiko selama perjalanan mudik akan semakin meningkat, seperti risiko kecelakaan hingga kebongkaran rumah yang ditinggali. Pastikan Anda telah mengalihkan risiko-risiko tersebut pada perusahaan asuransi, sehingga Anda merasa jadi lebih tenang.



Sumber: BeritaSatu.com