Ini Tips agar Anak Suka Buah-buahan

Ini Tips agar Anak Suka Buah-buahan
Ilustrasi buah-buahan. ( Foto: Ist )
Herman / YUD Jumat, 9 Februari 2018 | 20:57 WIB

Jakarta - Buah-buahan merupakan jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh anak, sebab di dalamnya mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan anak dalam proses tumbuh kembang. Namun, membiasakan anak mengonsumsi buah bagi sebagian orangtua bukanlah hal yang mudah, sama seperti ketika membiasakan anak mengonsumi sayuran.

Dikatakan dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A, prinsip utama dalam membiasakan anak mengonsumsi buah-buahan adalah dengan memberikan contoh kepada mereka. Umumnya anak-anak tidak akan suka buah-buahan kalau mengkonsumi makanan tersebut tidak menjadi kebiasaan dalam keluarga.

"Kalau ingin anaknya suka makan buah, orangtua ya harus memberi contoh, harus selalu disajikan. Biasanya kan kalau orangtua makan sesuatu, si anak akan tertarik. Begitu juga dengan mengonsumsi buah, harus sering-sering dicontohkan," kata dr. Meta, di peluncuran buku Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Batita (1-3 Tahun) & Mommyclopedia : Tanya-Jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, di Jakarta, Jumat (9/2).

Cara lainnya yang dianjurkan dr. Meta adalah menyajikan buah-buahan dengan makanan yang memang disuka oleh anak, atau menyajikannya dalam bentuk yang unik sehingga menarik perhatian anak-anak. Penyajian tersebut tentunya juga harus memperhatikan usia si anak.

"Seperti makanan lainnya yang memang baik untuk dikonsumsi anak, saat memberikan buah-buahan juga tidak boleh ada paksaan karena bisa menimbulkan masalah makan. Berikan secara berlahan sambil terus diberi contoh sampai anak akhirnya suka mengonsumsi buah," pesan dr. Meta.



Sumber: BeritaSatu.com