Loyo Saat Puasa, Oh Tidak. Ini Tipsnya!

Shinta Lestari / SHI Minggu, 20 Mei 2018 | 17:30 WIB

Jakarta - Berpuasa tak berarti harus loyo, lemas dan tak melakukan aktivitas seperti biasanya. Memang, secara fisik, orang yang berpuasa akan mengalamai perubahan metabolisme karena pola makan dan tidur yang berubah. Namun, perubahan metabolisme dan pola hidup tak berarti kita lantas tidur dan bermalas-masalah saja di siang hari.

Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan agar tubuh kita tetap fit dan bugar di saat puasa. Baik di siang hari saat perut kosong maupun di malam hari, saat kita banyak melakukan aktivitas ibadah, terutama tarawih dan tadarus.

Menurut ahli gizi klinik, Fiastuti Witjaksono, saat berpuasa, asupan makan akan terkurangi secara jumlah dan frekuensi, sehingga menjadi momen kesempatan untuk mengatur berat badan. Hal yang penting diatur adalah agar asupan memenuhi kebutuhan gizi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Cukup protein, vitamin, karbohidrat, dan air agar tidak mengalamai dehidrasi.

"Saat puasa, makan kita hanya dua kali dan secara waktu menjadi teratur. Jadi, ini kesempatan baik untuk mengontrol kesehatan dan berat badan kita, karena tubuh akan memakai cadangan lemak untuk dipakai sebagai energi untuk aktivitas, "ujar dokter Fiastuti.

Mau tahu apa saja tips agar kita tetap fit di saat puasa? Apa saja asupan yang sebaiknya diperbanyak saat sahur? Mengapa kita tak boleh "balas denam" saat berbuka puasa? Simak perbincangan Chakry Miller dengan dokter ahli gizi klinik, Fiastuti Witjaksono. Ini dia videonya.