3 Kiat Menyiapkan Makanan Bernutrisi untuk Anak

3 Kiat Menyiapkan Makanan Bernutrisi untuk Anak
Ilustrasi anak makan. ( Foto: Ist / Ist )
Indah Handayani / FER Jumat, 16 November 2018 | 15:41 WIB

Jakarta - Makanan segar dengan nutrisi yang terjaga diperlukan untuk memenuhi asupan anak sehari-hari, sebab 75 persen sumber energi otak anak berasal dari makanan.

Senior Product Marketing Manager Digital Appliances Samsung Electronics Indonesia, Michael Adisuhanto, mengatakan mencukupi makanan bernutrisi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua karena bahan makanan segar umumnya mudah layu atau busuk, seperti sayuran untuk sup ataupun buah-buahan untuk jus kesukaan si kecil di rumah.

"Akibatnya orang tua harus sering membeli bahan makanan dan langsung mengolahnya agar dapat dikonsumsi oleh anak-anak, sehingga menghabiskan banyak waktu," ungkapnya dalam keterangan pers diterima Jumat (16/11).

Sabai Dieter, istri aktor Ringgo Agus Rahman dan Ibu muda yang mengurus buah hatinya sendiri paham betul bahwa makanan berkualitas menjadi kebutuhan utama untuk pertumbuhan anaknya yang masih balita.

"Sejak dikaruniai seorang anak, saya dan suami semakin memperhatikan kesehatan keluarga terutama kualitas makanan yang kami konsumsi. Sebisa mungkin saya menyiapkan santapan segar bernutrisi bagi Bjorka untuk memastikannya tumbuh sehat," jelas Sabai.

Bagi orang tua yang ingin menyajikan makanan khusus dan bernutrisi, Sabai Dieter berbagi kiat. Pertama, pilh bahan makanan yang segar. Kemudian, pastikan makanan tersimpan dengan baik dan tetap segar. Penyimpanan makanan menentukan kesegaran bahan, yang mempengaruhi kandungan gizi dan rasa yang dihasilkan. Salah satu teknik penyimpanan makanan di lemari es adalah dengan menjaga kestabilan suhunya.

Terakhir, lanjut Sabai, olah bahan makanan segar menjadi menu kesukaan. Saat usia balita anak-anak mulai mengenal rasa, ini memungkinkan orang tua untuk memperkenalkan ragam cita rasa makanan sejak dini, seperti sup sayur, jus buah ataupun olahan produk susu.

"Dalam mempersiapkannya orang tua dapat mengajak anak-anak untuk memilih berbagai bahan makanan yang tersimpan di lemari es dan mengolahnya bersama-sama," jelasnya.

Dalam membantu para ibu memperispakan nutrisi untuk sang buah hati, Michael mengatakan, Samsung menghadirkan lemari es Side by Side dengan teknologi Precise Chef Cooling yang dapat mengontrol perbedaan suhu sehingga menjaga kualitas dan cita rasa setiap bahan makanan tetap segar untuk waktu yang lebih lama, dengan begitu nutrisi makanan pun tetap terjaga.

"Dengan teknologi tersebut, orang tua untuk dapat menyimpan bahan makanan tanpa khawatir bau yang tercampur, kesegaran yang lebih lama, bersih serta higienis. Sehingga orang tua dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehari-hari dengan lebih praktis dan tidak boros waktu," tutup Michael.



Sumber: Investor Daily
CLOSE