Manfaat Bersihkan Gigi dengan Siwak

Manfaat Bersihkan Gigi dengan Siwak
Ilustrasi perawatan gigi usia dini. ( Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho )
Indah Handayani / FER Senin, 24 Desember 2018 | 15:51 WIB

Jakarta - Siwak termasuk salah satu chewing stick yang telah digunakan sejak 3.500 tahun lalu. Tercatat, ada 182 jenis tanaman yang dulu biasa digunakan sebagai chewing stick.

Dosen Divisi Fisiologi, Departemen Anatomi Fisiologi dan Farmakologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB, dan Peneliti Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB, Dr Siti Sadiah Msi Apt menyatakan, siwak berasal dari ranting tanaman salvadora persica, yang banyak digunakan di daerah Timur Tengah hingga sekarang.

Cara menggunakannya, batang siwak sepanjang lebih kurang 20 centimeter digigit-gigit salah satu ujungnya, hingga terurai seperti sikat. Begitulah cara siwak membersihkan gigi secara mekanik.

Tak hanya membersihkan gigi secara mekanik, siwak juga mengandung berbagai zat aktif yang bermanfaat bagi gigi. Zat tersebut antara lain, fluoride, vitamin C, antimikroba (benzyl isotiosianat), sulfur yang bisa mencegah radang gusi, dan tanin.

"Tanin menimbulkan kesat pada gigi. Rasat kesat pada gigi adalah salah satu tanda gigi sudah bersih," ujar Dr Diah dalam keterangannya belum lama ini.

Menurutnya, begitu banyak penelitian yang membuktikan manfaat siwak. Bila ditelusuri di mesin pencari Google, terdapat sekitar 8.000 penelitian terkait siwak. "Tidak heran, siwak telah disetujui oleh WHO sebagai agen oral hygene," pungkasnya.



Sumber: Investor Daily