Konsumsi Minyak Zaitun Turunkan Risiko Kanker

Konsumsi Minyak Zaitun Turunkan Risiko Kanker
Ilustrasi Kanker Payudara ( Foto: Istimewa )
Indah Handayani / FER Jumat, 4 Januari 2019 | 20:21 WIB

Madrid - Kalangan perempuan yang mengonsumsi minyak zaitun (olive oil) dalam menu sehari-hari, disebutkan memiliki risiko 62 persen lebih rendah terkena kanker, khususnya kanker payudara.

Hal tersebut diungkapkan oleh hasil penelitian yang dilakukan di University of Navarra, Pamplona, Spanyol, seperti dilansir dari Health News Today, Jumat (4/1).

Kalangan perempuan yang melakukan diet Mediterania, dan dilengkapi dengan minyak zaitun, memiliki risiko 62 persen relatif lebih rendah terkena kanker payudara.

Diet Mediterania sendiri menyajikan banyak salad, buah, sayuran, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak, sejumlah kecil keju, dan campuran minyak zaitun. Pilhan diet ini, sangat direkomendasikan untuk menurunkan berat badan.

Minyak zaitun sendiri disebutkan menyediakan pasokan yang tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat, serta squalene, sedangkan minyak zaitun extra virgin juga mengandung berbagai senyawa aktif.

Asam oleat dapat bertindak langsung pada penyebab mutasi genetik kanker, squalene dapat memulihkan kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi, yang merupakan reaksi kimia terkait antara kanker dan penyakit jantung.



Sumber: Health News Today
CLOSE