Alasan Pentingnya Sarapan Bergizi untuk Anak-anak

Alasan Pentingnya Sarapan Bergizi untuk Anak-anak
Ilustrasi anak banyak makan. ( Foto: Medicine Net )
Indah Handayani / FER Selasa, 22 Januari 2019 | 16:09 WIB

Jakarta - Sarapan bukan hanya sekedar kenyang. Sarapan juga berfungsi sebagai amunisi otak untuk menerima informasi. Oleh karena itu, sarapan pun harus lebih beragam, seimbang, dan bernutrisi.

Guru Besar pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan M, mengatakan, sarapan lebih dari sekadar mengawali hari. Sarapan merupakan dasar untuk mengejar masa depan yang lebih baik. Perilaku di kelas dan performa akademik siswa terkait dengan kebiasaan sarapan.

"Anak-anak yang sarapan seimbang dan bernutrisi cenderung memiliki konsentrasi, energi dan bahagia sepanjang hari," ungkap Prof Ali, di sela konferensi pers Koko Olimpiade 2019 di Jakarta, Selasa (22/1).

Baca Juga: Memupuk Kreativitas Anak Lewat Karya Seni

Prof Ali menjelaskan, saat ini hanya 10,6 persen dari sarapan anak-anak yang benar-benar memenuhi kebutuhan energi lebih dari 30 persen. Oleh karena itu, lanjutnya, sangat penting untuk mengonsumsi sarapan lengkap dan seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat.

"Salah satu sumber nutrisi yang direkomendasikan adalah gandum utuh. Gandum utuh memiliki lapisan luar, lapisan dalam, dan ditengahnya yang sangat penting untuk kebutuhan nutrisi seimbang karena merupakan sumber vitamin, mineral dan serat," jelasnya.

Menurutnya, sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan proses pencernaan. Selain itu, serat juga dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyaki jantung koroner.

"Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasan mengonsumsi sarapan bergizi seimbang memiliki nilai akademis 4,5 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan," pungkasnya.



Sumber: Investor Daily