Tiga Langkah Jalani Fun Diet

Tiga Langkah Jalani Fun Diet
Kedua dari kiri, VIP member WRP Rahmi Gustani, Ahli Gizi Pafitri S.K.M.RD, General Manager WRP Kwik Wan Tien, Holistic Health Coach Gwendelin Winarno, Event&Promotion Associate WRP Maria Septaviani - dalam talk show “3 Steps to Reach Your Body Goals” yang diselenggarakan oleh kerja sama WRP dan Shopee di Jakarta, 2 Februari 2019. ( Foto: Istimewa )
Happy Amanda Amalia / PYA Minggu, 3 Februari 2019 | 17:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Memiliki bentuk tubuh yang ideal memang menjadi dambaan bagi para wanita, terutama bagi mereka berstatus sebagai seorang ibu bekerja. Dengan segala rutinitas harian mereka, terkadang mereka jadi lupa untuk merawat dirinya sendiri, jangankan untuk berolahraga, bahkan untuk makan teratur dan terjaga pun sulit sehingga menyebabkan para wanita tidak memiliki tubuh ideal.

Kendati berbagai upaya melakukan diet telah dilakukan, tetapi hasil yang diinginkan tidak tercapai malah berat badan terus bertambah serta membuat para wanita menjadi tidak percaya diri. Alhasil kata-kata “diet” menjadi momok yang susah dilakukan.

Namun Alhi Gizi Pafitri S.K.M.RD menegaskan, diet jangan dibuat susah karena diet berarti mengatur pola makan bukannya mengurangi porsi makan.

“Diet jangan yang susah-susah. Lakukan-lah diet yang fun karena diet bukan berarti mengurangi porsi makan yang berujung membuat stres, melainkan diet berarti mengatur pola makan untuk tujuan tertentu. Berbicara tentang diet adalah untuk sehat, kalau langsing itu bonus,” ujar Pafitri dalam acara talk show “3 Steps to Reach Your Body Goals” yang diselenggarakan oleh kerja sama WRP dan Shopee di Jakarta, Sabtu (2/2).

Melalui acara tersebut disampaikan bahwa untuk menjalani diet yang menyenangkan maka para wanita harus menerapkan tiga langkah, Plan, Learn, dan Do it dalam menjaga kesehatan dan menjaga pola makan. Pada tahapan Learn, para wanita harus memahami tubuh dan memenuhi kebutuhannya untuk memperoleh tubuh yang ideal.

Kemudian pada tahap Plan, para wanita harus merencanakan asupan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya; dan terakhir Do it, di mana para wanita yang menjalani diet harus berkomitmen untuk melaksanakan pola hidup sehat.

Pafitri mengatakan bahwa tahap awal adalah dengan melihat status gizi, melakukan pemeriksaan proporsional karena status gizi yang baik sama dengan indeks tubuh atau body mass index (BMI) normal yakni di antara 18,5 – 24,9.

“Tahapan berikut adalah kenali kebutuhan kalori, jangan dikurangi atau ditambah. Porsi makan yang ideal dalam sehari adalah sarapan pagi 25%, makan siang 30%, dan makan malam 25%, sementara porsi makan selingan sebanyak dua kali dalam sehari masing-masing hanya 10%. Oleh karena itu saya mendorong wanita untuk secara mandiri membuat menu makanan sehat yang mendukung diet sehat,” jelas Pafitri.

Ubah Mindset
Menambahkan pernyataan Pafitri, Holistic Health Coach Gwendoline Winarno mengajak para wanita untuk sadar akan pentingnya kualitas makanan dan minuman yang diasup sehari-hari karena semua berawal dari mindset.

“Saya mau mengajak semua untuk mengubah kata “diet” menjadi mempunyai pola makan sehat yang bernutrisi. Menjalani pola hidup sehat dapat menjadi 'me time' bagi para wanita aktif. Sesederhana mendengarkan musik sambil menyusun meal plan dan dapat dilakukan teman-teman. Dengan begitu, menjalani pola hidup sehat menjadi lebih menyenangkan,” kata Gwendoline.

Pafitri menegaskan, diet itu mengatur makan yakni mendidik otak untuk tahu pola makan yang benar karena penyebab diet salah atau berat badan berlebih adalah akibat pola yang salah. Diet yang sukses adalah diet yang konsisten, bukan hanya program sesaat.

“Di samping itu, penurunan berat badan yang normal saat menjalani diet adalah sebanyak 2-4 kilogram (kg), apabila dalam satu hari sudah turun sebanyak itu berarti yang berkurang adalah massa otot bukannya lemak yang dibakar. Ciri-ciri massa otot yang berkurang dapat dilihat dengan mudah, seperti badan lemas, tidak bergairah, dan mudah pusing. Ini nanti berdampak pada gangguan metabolisme di tubuhnya,” ujar Pafitri.

Saat ditanya tips memperbaiki gangguan metabolisme, Pafitri menyebutkan supaya memperbaiki pola makan, mengikuti jadwal makan dengan teratur, memilih karbohidrat, protein, dan lemak yang baik, serta mengonsumsi sayur dan buah secara seimbang.

Salah satu konsumen setia WRP, Rahmi Gustani, berbagi pengalaman pribadinya dalam membentuk tubuh ideal. Dalam pengakuan Rahmi, sejak melahirkan dan menjadi seorang ibu, dirinya menjadi kurang memperhatikan diri sendiri dan berdampak pada menurunnya tingkat kepercayaan diri.

“Saya mengenal produk WRP sejak pertengahan 2018 yang lalu. WRP mendukung perbaikan pola makan sehat saya, sehingga proses dalam mendapatkan tubuh ideal menjadi lebih menyenangkan. Kebiasaan baik ini akhirnya menjadi pola hidup saya, untuk terus menjaga tubuh yang sehat dan ideal,” kata Rahmi.

Event & Promotion Associate WRP Maria Septaviani mengatakan, memiliki tubuh sehat dan ideal merupakan salah satu bentuk kebahagiaan seorang wanita.

“Kolaborasi WRP dan Shopee Indonesia merupakan bukti komitmen kami dalam mendukung kesehatan dan kebahagiaan wanita Indonesia, yang akhirnya akan mewujudkan anak-anak dan keluarga Indonesia yang juga sehat dan bahagia,” ujar Maria.

Memahami keterbatasan waktu para wanita untuk lebih memperhatikan dirinya di tengah tuntutan multi-peran dan padatnya kegiatan sehari-hari, maka produk WRP hadir di WRP Official Store in Shopee Indonesia. Kehadian WRP diharapkan dapat membantu mereka untuk dapat tetap menjaga kesehatan dan bentuk tubuh yang ideal dengan cara yang sangat praktis. Hal ini juga menjadi langkah strategis WRP dan Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, untuk memperluas jangkauan produk-produk WRP kepada konsumen.



CLOSE