Tips Menciptakan Tidur yang Berkualitas

Tips Menciptakan Tidur yang Berkualitas
Ilustrasi tertidur memegang telepon genggam. ( Foto: Freedigitalphotos )
Indah Handayani / FER Minggu, 3 Februari 2019 | 23:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Padatnya aktivitas sepanjang hari tentu mengakibatkan tubuh menjadi lelah dan memerlukan istirahat yang cukup.

Seperti diketahui, tidur pada malam hari memerlukan waktu 7 sampai 8 jam dalam sehari, untuk memberikan waktu bagi tubuh dalam beristirahat dan memperbaiki sistem sel dalam tubuh.

Karenanya, usahakan selalu untuk menjaga kualitas tidur dengan tidak membiarkan otak menjadi terlelap dalam keadaan lelah dan dipenuhi stres.

Sebelum tidur, ada baiknya untuk membereskan segala macam benda dan pernak-pernik yang mengganggu kenyamanan tidur semisal laptop, smartphone ataupun buku dan majalah.

Jadikan selalu tempat tidur sebagai zona istirahat yang nyaman dengan tidak membiasakan diri untuk melakukan aktivitas lain, yang dapat mengganggu waktu beristirahat. Jika memiliki perangkat televisi dalam kamar, jangan lupa untuk mematikannya saat akan tidur.

Selain itu, matikan semua lampu dan sumber cahaya lainnya, agar tubuh mampu menghasilkan hormon melatonin dengan baik bagi pertahanan tubuh dan menjaga sel dari kerusakan.

Terakhir, usahakan untuk tidak terlalu banyak minum air putih sebelum tidur, karena dapat menyebabkan Anda terbangun untuk buang air kecil, yang tentunya mengganggu aktivitas tidur di malam hari.



CLOSE