Tidur Berkualitas Bantu Tubuh Lawan Kuman Penyakit

Tidur Berkualitas Bantu Tubuh Lawan Kuman Penyakit
Ilustrasi anak-anak tidur. ( Foto: Istimewa )
Indah Handayani / FER Sabtu, 16 Februari 2019 | 20:32 WIB

Berlin, Beritasatu.com - Kalangan peneliti di Universitas Tubingen, Jerman, menyatakan, tidur yang berkualitas mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan serangan virus atau kuman penyakit. Selain itu, tidur yang berkualitas juga memperkuat potensi kekebalan tubuh untuk menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus.

Para peneliti mampu membuktikan, kondisi kurang tidur dan stres berkepanjangan, telah menyebabkan peningkatan hormon menjadi lebih tinggi dan menghambat tubh dalam mengaktifkan integrin, yang merupakan senjata utama tubuh dalam melawan penyakit.

"Waktu tidur yang cukup dan menghindari stres kronis, memacu sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus penyakit," ujar Stoyan Dimitrov, peneliti di Universitas Tubingen, seperti dilansir Beritasatu.com dari laman Reuters, Sabtu (16/2).

Dimitrov menyatakan, hormon tertentu seperti epinefrin, norepinefrin, adenosin dan prostaglandin, kemungkinan menghambat aktivasi integrin dalam melawan penyakit.

Profesor kedokteran, paru-paru, perawatan kritis dan gangguan tidur dari Fakultas Kedokteran Icahn di Mount Sinai, New York, Luis DePalo, menambahkan, kalangan ilmuwan telah lama mengetahui bahwa kondisi kurang tidur dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

"Berbagai studi klinis telah menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas atau tidur yang cukup, lebih mungkin jatuh sakit setelah terkena virus," kata DePalo.

Menurut DePalo, studi terbaru ini telah menunjukkan jalur molekul lain di mana kualitas dan kuantitas tidur yang baik, dapat menyebabkan efek suportif imunitas tubuh.

"Studi ini berhasil menyajikan mekanisme lain yang mendasari beberapa efek suportif imunitas dari kondisi tidur yang berkualitas," kata DePalo.



Sumber: Reuters