Cara Bahagia dengan Mengenal Diri Sendiri

Cara Bahagia dengan Mengenal Diri Sendiri
Ilustrasi meditasi ( Foto: Istimewa )
Winda Ayu Larasati / WIN Senin, 29 April 2019 | 12:12 WIB

Mengenal orang lain dan memahami sifat orang lain terkadang lebih mudah daripada mengenal diri kita sendiri. Saat kita mengalami kegagalan dalam hidup, tak jarang kita sering menyalahkan diri sendiri. Namun bagaimana cara untuk mengenal diri sendiri?

Menurut psikolog, mengenal diri sendiri berarti memahami perasaan, motivasi, pola pikir dan kecenderungan kita. Beberapa hal tersebut membuat kita memahami tentang harga diri dan nilai-nilai serta motivasi kita.

Mengenal emosi adalah langkah pertama untuk mengendalikannya dan menghancurkan pola pikir negatif. Memahami emosi dan pola pikir juga bisa membantu kita untuk berempati pada orang lain.

Kesadaran diri juga bisa membuat kita untuk mengambil keputusan yang lebih baik. Dalam suatu riset, para siswa yang mendapat skor tinggi dalam 'kesadaran metakognitif', atau kemampuan refleksi atas pikiran, perasaan, sikap dan keyakinan pribadi cenderung membuat keputusan yang lebih efektif ketika mereka memainkan game komputer, di mana mereka harus mendiagnosis dan merawat pasien virtual untuk menyembuhkan mereka. Para peneliti studi tersebut dapat menetapkan tujuan dengan lebih jelas dan mengambil tindakan yang strategis.

Setiap orang memiliki cara berpikir yang berbeda terhadap diri mereka sendiri. Kita dapat berpikir tentang sejarah diri kita, bagaimana pengalaman masa lalu yang membentuk diri kita sekarang. Kita juga bisa terus mempermasalahkan skenario-skenario negatif yang terjadi di masa lalu atau yang kita bayangkan akan terjadi di masa depan.

Berpikir tentang diri sendiri lebih baik daripada memikirkan yang lain, namun banyak dari kita lebih memilih merenungkan hal negatif dan khawatir berlebihan atau fokus dengan ketakutan dan kekurangan, akibatnya kita menjadi cemas atau tertekan.

Cara terbaik untuk memulai mengenal diri sendiri adalah bicara dengan teman yang berwawasan atau terapis terlatih. Berbicara dengan terapis terlatih sangat penting dalam kasus-kasus saat kurangnya pengetahuan diri telah mengganggu kesehatan mental. Membahas perasaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan lanjutan dapat membantu kita memahami siapa diri kita. Membaca tentang cara-cara berpikir yang baik juga membantu kita menavigasi kehidupan kita agar lebih baik.

Mindfulness meditation atau latihan mental yang melibatkan pemusatan pikiran pada pengalaman seperti emosi, pikiran dan sensasi atas diri, tubuh dan dunia sekitar yang dirasakan menjadi sebuah daya tarik dalam bidang psikologi, kedokteran dan ilmu saraf. Latihan meditasi dan pengaturan emosi ini dapat mengurangi perasaan negatif dan kecemasan.

Pelatihan ini dapat meningkatkan emosi positif, menambah kemampuan untuk mengenal emosi orang lain, serta melindungi diri dari tekanan sosial. Terapi ini terbukti andal dalam membantu meningkatkan kesehatan mental, khususnya depresi, stres dan kecemasan.

Selain itu, kita dapat mengenali perasaan yang dipicu oleh peristiwa yang dialami dan emosi tertentu dalam diri kita saat ini, serta menciptakan ruang berpikir di mana kita dapat memutuskan bagaimana kita harus bertindak (karena beberapa respons lebih konstruktif daripada yang lain).



Sumber: The Conversation