Makan Nasi Sebelum Berolahraga, Baik atau Tidak?

Makan Nasi Sebelum Berolahraga, Baik atau Tidak?
Ilustrasi Nasi ( Foto: Klikdokter.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Selasa, 2 Juli 2019 | 20:35 WIB

Jakara, Beritasatu.com - Siapa bilang, tidak boleh makan nasi sebelum olahraga? Nasi termasuk karbohidrat yang disarankan untuk dimakan sebelum berolahraga.

Berdasarkan dari USA Rice Information, nasi mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan dengan kentang untuk porsi yang sama.

American Heart Association, American College of Sports Medicine melansir bahwa konsumsi makanan dan cairan yang cukup sebelum, sedang dan setelah berolahraga sangat dianjurkan.

Hal itu membantu menjaga kadar gula darah selama berolahraga, memaksimalkan kinerja dan mempercepat pemulihan pasca-latihan. Karbohidrat, protein dan lemak merupakan tiga zat gizi utama yang sebaiknya dikonsumsi sebelum berolahraga.

Namun, baiknya nasi putih atau nasi merah?

Nasi merah memang baik karena nasi merah adalah sumber karbohidrat yang dianjurkan untuk dimakan sebelum berolahraga. Hal itu karena nasi merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang bisa menjadi sumber energi jangka panjang.

Nasi merah mengandung indeks glikemik rendah dan kadar serat yang cukup tinggi, sehingga diserap tubuh lebih lambat. Seseorang memiliki cadangan energi lebih selama berolahraga. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah lemas.

Sementara nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang dapat diserap tubuh lebih cepat. Hal itu membuat Anda mengalami penurunan energi sebelum olahraga selesai.

Namun perlu diingat, nasi putih bukanlah pilihan baik untuk Anda yang berolahraga kurang dari empat kali dalam seminggu atau memiliki penyakit metabolisme. Sebaiknya makan nasi merah sebagai makanan sehat.

Kapan waktu yang tepat untuk makan?
Usahakan makan nasi dan lauk pauknya dua hingga tiga jam sebelum berolahraga, agar tubuh memiliki waktu cukup untuk mencerna makanan yang akan digunakan sebagai sumber energi. Hal itu juga untuk menghindari perut Anda dari rasa sakit dan mual setelah berolahraga.

Namun, Anda juga bisa makan selain nasi sebelum berolahraga, paling tidak 30 hingga 60 menit sebelum berolahraga. Tetapi, jika Anda hanya memiliki waktu lima hingga 10 menit, Anda bisa mengonsumsi buah seperti pisang atau apel sebagai pengganjal perut.



Sumber: Hello Sehat, Klikdokter