Cara Mengatasi Cemas dan Panik Berlebihan

Cara Mengatasi Cemas dan Panik Berlebihan
Ilustrasi mengatur emosi ( Foto: idiva.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 3 Juli 2019 | 19:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Normal rasanya jika kita merasa cemas, panik dan gugup. Itu adalah bagian dari emosi yang dialami setiap hari, namun bila emosi tersebut dirasakan berlebihan, tubuh akan memberikan reaksi mual. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Tenangkan diri
Jika Anda terus gelisah, rasa cemas dan stres akan terjadi semakin parah. Akibatnya membuat Anda mual dan ingin muntah.

Kalau sudah seperti itu, yang Anda butuhkan adalah menenangkan diri. Cobalah mencari tempat yang jauh dari keramaian, lalu lakukan terapi relaksasi dengan menarik apas melalui hidung dan membuang perlahan melalui mulut.

2. Mengalihkan emosi negatif
Pikiran negatif tak terhindarkan jika Anda mengalami cemas, stres dan panik secara berlebihan. Semakin Anda larut dengan pikiran negatif, semakin sulit mengatasinya.

Hentikan pikiran negatif dengan memikirkan hal lain seperti berjalan-jalan di sekitar rumah, membaca buku, bermain gim di ponsel atau menonton video lucu.

3. Hindari hal yang bisa memperburuk kondisi Anda
Kurang tidur jadi salah satu penyebab yang membuat pikiran Anda tidak jernih, apalagi jika Anda biasa minum alkohol atau kopi di malam hari, kecemasan dan stres dapat bertambah buruk.

Untuk itu, Anda bisa menenangkan pikiran sebelum tidur dengan berendam air hangat. Air hangat dapat melonggarkan otot tubuh yang menegang dan menenangkan pikiran.

Hindari dan hentikan kebiasaan minum alkohol, merokok atau minum kopi menjelang tidur supaya tidur Anda tidak terganggu.

4. Konsultasikan ke dokter
Jika cara-cara di atas tidak membantu Anda merilekskan cemas, panik dan gugup, mungkin Anda membutuhkan seorang profesional seperti dokter atau psikolog untuk mengatasinya. Jadi, jangan ragu untuk perawatan lebih lanjut dengan dokter.