Mendengarkan Musik Pakai Headset Pengaruhi Pendengaran

Mendengarkan Musik Pakai Headset Pengaruhi Pendengaran
Ilustrasi mendengarkan musik ( Foto: Istimewa )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 4 Juli 2019 | 20:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk menikmati hidup. Tidak sedikit orang yang lebih produktif saat bekerja sambil mendengarkan musik yang mereka sukai atau untuk meluapkan rasa sedih karena ditinggal kekasih.

Namun, terlalu sering mendengarkan lagu pakai headset dengan volume tinggi dapat membahayakan pendengaran Anda.

1. Volume suara tidak lebih dari 60 persen
American Osteopathic Association melansir, MP3 Player pada ponsel memiliki suara hingga 120 desibel. Jumlah tersebut setara dengan suara saat konser musik yang cukup membuat telinga sakit.

Pemakaian headset dengan volume setinggi itu dapat merusak pendengaran Anda hanya dalam 15 menit. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menaikkan volume headset lebih dari 60 persen batas maksimal.

2. Tidak lebih dari satu jam memakai headset
Sangat disarankan tidak mendengarkan lagu pakai headset selama lebih dari satu jam, walaupun mendengarkan musik dengan volume yang rendah.

Biarkanlah telinga Anda beristirahat setelah satu jam menggunakan headset.

3. Tidak memakai headset di tempat berisik
Mungkin kita tidak ingin mendengar kebisingan di sekitar kita dan memilih memakai headset agar tidak terganggu, namun suara keras melebihi 80 desibel dapat merusak telinga dalam sekejap.

Oleh karena itu, hindari penggunaan headset di lingkungan berisik karena akan membuat Anda mengencangkan volume musiknya.

Mendengarkan musik boleh-boleh saja, namun tetap perhatikan volume suara dan waktu pemakaian headset yang dapat mempengaruhi pendengaran Anda.

 



Sumber: Hello Sehat