Camilan Sehat untuk Teman Ngopi

Camilan Sehat untuk Teman Ngopi
Ilustrasi Secangkir Kopi ( Foto: Super Adventure )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 10 Juli 2019 | 15:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan kita saat mengantuk atau lelah karena pekerjaan. Sebagian orang menganggap kopi adalah penyelamat mereka karena dapat memusatkan konsentrasi saat beraktivitas.

Selain memiliki rasa yang unik, kopi juga memiliki manfaat lain. Berdasarkan studi tahun 2006 yang diterbitkan oleh Critical Reviews In Food Science and Nutrition menyebutkan keuntungan minum kopi dalam takaran yang sesuai, terutama dalam mencegah berkembangnya penyakit seperti diabetes melitus, sirosis, parkinson, hepatoseluler dan karsinoma.

Namun sebagian orang memilih minum kopi ditemani dengan camilan. Sebaiknya pilih camilan yang sehat agar tidak mengandung banyak gula di dalam tubuh, seperti:

1. Snack bar yang terbuat dari kedelai
Camilan ini mengandung serat yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh Anda. Kandungan kedelai di dalamnya memiliki nilai indeks glikemik rendah yang merupakan ukuran seberapa cepat gula dari makanan diserap dalam darah. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat kadar gula darah naik setelah makan.

2. Kacang-kacangan
Kacang tanah, kacang kenari, kacang almond dan kacang hazelnut bisa menjadi pilihan cemilan Anda saat minum kopi.

Dalam penelitian tahun 2010 pada jurnal Nitrients periset menemukan bahwa berat badan wanita tidak banyak naik dan risiko obesitas lebih rendah bagi wanita yang suka mengonsumsi kacang-kacangan.

3. Pisang rebus
Seringkali pisang goreng menjadi teman sejati secangkir kopi. Namun, pisang bertepung biasanya mengandung banyak minyak dan kurang baik untuk kesehatan.

Namun jangan khawatir, agar lebih sehat dan rendah kalori, sebaiknya mengonsumsi pisang rebus jika ingin dikonsumsi bersama kopi. Buah dengan nilai indeks glikemik rendah ini tidak membuat kadar gula darah melonjak secara mendadak, namun perlahan sehingga dapat menunda rasa lapar.



Sumber: Hello Sehat