3 Khasiat Jamu Bagi Tubuh

3 Khasiat Jamu Bagi Tubuh
Ilustrasi Rempah-rempah Jamu ( Foto: Botohindonesia.com )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 1 Agustus 2019 | 18:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku selalu minum jamu setiap pagi sebelum beraktivitas. Dalam akun Instagramnya @jokowi mengunggah video #JKWVLOG "Bugar dengan Jamu," yang diunggah pada Selasa (23/7/2019). Dalam video tersebut, Jokowi mengaku telah mengonsumsi jamu selama 18 tahun.

Jokowi telah mengonsumsi jamu sebelum dirinya menjadi wali kota Surakarta, gubernur DKI Jakarta dan kepala negara seperti sekarang ini. Jokowi mengaku, jamu membuat tubuhnya bugar.

Dalam video tersebut, Jokowi menyebut jamu yang dikonsumsi campuran dari temulawak, jahe dan kunyit. Nah, apa saja khasiat dari tiga rempah tersebut bagi tubuh?

1. Temulawak
Kandungan xantorrhizol pada temulawak terlihat memiliki efek antibakteri, antiradang, antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Selain itu, temulawak bisa menambah nafsu makan, mengobati gangguan pencernaan, mengatasi masuk angin, memperbaiki metabolisme lemak dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Jahe
Selain memiliki rasa dan aroma khas yang bisa mengembalikan suhu tubuh menjadi normal, jahe bisa meredakan sakit tenggorokan, flu dan mengatasi masalah pencernaan, mengatasi mual bagi ibu hamil serta vertigo. Jahe segar memiliki efek yang lebih terasa di tubuh daripada jahe bubuk.

3. Kunyit
Kunyit dapat memerangi kolesterol, kunyit juga bisa membantu melancarkan peredaran darah sehingga bisa menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Kunyit juga bisa menjadi penawar racun untuk senyawa kimia yang mengendap di dalam tubuh.

 



Sumber: National Geographic Indonesia, alodokter.com, boto