Perut Sembelit? Buah-buahan Ini Bisa Melancarkan BAB

Perut Sembelit? Buah-buahan Ini Bisa Melancarkan BAB
Ilustrasi Buah-buahan ( Foto: Bisnis Bandung )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 1 Agustus 2019 | 18:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah obat bebas dikonsumsi untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Namun, tahukah Anda? Buah-buahan pun bisa membantu Anda untuk Buang Air Besar (BAB). Buah-buahan di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi konstipasi.

1. Apel
Kandungan petin yang mengandung serat larut air pada apel dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus serta meredakan gejala konstipasi.

Manfaat lain juga diperoleh dari kulit apel, namun jika mengonsumsi apel bersama kulitnya, pastikan sudah mencuci dengan bersih.

2. Jeruk
Jeruk berukuran besar mengandung 4 gram serat dan menyediakan 86 kalori. Kandungan serat di dalamnya bisa melancarkan BAB. Kandungan flavonol aktif yang terkandung di dalamnya dapat mencegah dan mengatasi konstipasi.

3. Pir
Buah pir mengandung fruktosa dan sorbitol alami dalam kadar lebih tinggi dibandingkan buah lain. Kandungan fruktosa dalam buah pir baik untuk merangsang pergerakanusus, sedangkan sorbitol berfungsi sebagai pencahar alami. Keduanya berperan melancarkan BAB.

4. Kiwi
Kiwi tergolong buah tinggi serat dan rendah gula sehingga aman untuk kesehatan perut dan melancarkan BAB. Selain kandungan seratnya, buah kiwi dikenal dengan kandungan enzim actinidain yang memiliki efek positif terhadap kerja dan pergerakan usus.

Buah-buahan tersebut dapat membantu Anda melancarkan BAB. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan tersebut dengan dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus.

Buah yang diolah menjadi jus dapat memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh Anda dan membantu pergerakan usus.

 



Sumber: Alodokter.com, Bisnis Bandung