4 Manfaat Musik Bagi Kita

4 Manfaat Musik Bagi Kita
Ilustrasi Mendengarkan Musik ( Foto: Hello Sehat )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 1 Agustus 2019 | 20:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tidak sedikit orang suka menjadikan musik sebagai hiburan di saat sedih, bahagia, dan meningkatkan semangat saat bekerja. Empat manfaat musik ini bisa sangat bermanfaat bagi kita.

1. Memperbaiki mood
Saat suasana hati atau mood sedang kacau, ada baiknya jika Anda menarik napas sejenak dan dengarkanlah musik favorit Anda.

Sebuah penelitian yang dimuat di The Journal of Positive Psychology (2013) membuktikan keterkaitannya. Dalam penelitian tersebut, partisipan yang diminta mendengarkan musik secara berkelanjutan mengaku memiliki suasana hati yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Mengurangi depresi

Tidak hanya dapat memperbaiki mood, mendengarkan musik juga bisa mengurangi depresi. Sebuah penelitian dalam World Journal of Psychiatry (2015) membuktikan, tidak hanya diyakini ampuh mengurangi depresi, penelitian itu juga mengungkapkan bahwa musik adalah terapi yang cocok menangani rasa gelisah. Penelitian itu tidak menemukan efek buruk dari musik yang digunakan sebagai media terapi.

3. Redakan stres
Pekerjaan yang menumpuk dari atasan atau tugas kuliah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dalam waktu cepat memang stres, namun ada baiknya jika Anda mendengarkan musik dahulu sebelum mengerjakannya.

Sebuah penelitian berjudul The Effect of Music ond the Human Stress Response yang diprakarsai oleh Thoma dan kawan-kawan menunjukan hasil yang mengagumkan.

Hasil penelitian menemukan bahwa musik memiliki pengaruh positif terhadap sistem saraf pusat sehingga ampuh meredakan stres. Efek itu lebih cepat dibandingkan suara hutan atau gemercik air yang dipercaya menenangkan.

4. Meningkatkan daya ingat
Musik juga bisa meningkatkan daya ingat. Situs kesehatan terpercaya Verwell Mind menjelaskan mendengarkan musik saat belajar membantu membangun emosi positif.



Sumber: Gloob Travel Magazine, Hello Sehat