Tidak Hanya Bahagia, Snorkeling Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tidak Hanya Bahagia, Snorkeling Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan
"Snorkeling". ( Foto: Antara )
Winda Ayu Larasati / WIN Senin, 5 Agustus 2019 | 14:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lelah setelah seminggu bekerja, membuat kita ingin berlibur. Pantai bisa menjadi salah satu opsi untuk kita melepaskan penat. Banyak yang bisa kita lakukan ketika berada di pantai, salah satunya snorkeling. Selain berenang, snorkeling membuat kita senang saat melihat keindahan bawah laut yang memukau, apalagi laut Indonesia.

Namun, tahukah Anda? Kalau snorkeling memiliki manfaat lebih dari sekedar melepas penat atau bersenang-senang saja, tetapi ada manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

1. Menurunkan berat badan
Snorkeling memaksa kita banyak bergerak ketika di air. Hal ini tentu mempengaruhi pembakaran lemak di dalam tubuh secara merata.

2. Solusi masalah pernapasan
Berenang sangat mempengaruhi kesehatan paru-paru, permasalahan pernapasan dapat diatasi oleh snorkeling. Mulai dari mendengkur, mudah lelah hingga ampuh menghindari asma.

3. Menguatkan otot dan tulang
Otot dan tulang juga terkena dampak positif dari snorkeling. Kebugaran tubuh juga meningkat. Hal itu karena tenaga yang dikeluarkan untuk mendorong beban tubuh jauh lebih berat saat berada di air dibandingkan di udara.

4. Menurunkan risiko diabetes
Semakin lama kita snorkeling, semakin banyak kalori yang terbuang. Setiap 60 menit snorkeling, ada 600 kalori terbakar. Bagaimana jika kita snorkeling selama tiga jam? Terbayang, kan.

5. Menjaga kesehatan jantung
Dilansir dari WebMD, sebuah penelitian menunjukan bahwa setidaknya kita perlu olahraga sebanyak 150 menit dalam seminggu untuk menjaga kesehatan organ tubuh kita, termasuk salah satunya yang terpenting adalah jantung.

6. Menurunkan risiko kanker
Saat snorkeling, kulit kita terpapar sinar matahari. Tahukah, bahwa sinar matahari mengandung vitamin D yang terbukti ampuh menurunkan risiko kanker seperti kanker prostat bagi pria dan kanker payudara bagi wanita.

7. Mengeluarkan racun
Manfaat lain dari terpapar sinar matahari saat snorkeling yaitu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini meningkatkan kinerja hati yang berfungsi mengeluarkan racun melalui urine atau keringat.



Sumber: Gloob!