Tips Mencegah Stretch Mark Sejak Dini

Tips Mencegah Stretch Mark Sejak Dini
Ilustrasi gurat putih pada kulit/stretch mark. ( Foto: Instagram loveyourlines )
Dina Fitri Anisa / EAS Rabu, 7 Agustus 2019 | 13:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bukan rahasia lagi, kalau seorang wanita yang sudah hamil kemudian melahirkan akan mengalami perubahan pada tubuh, tak terkecuali bagian kulit. Salah satu yang selalu menjadi masalah terbesar kaum ibu adalah munculnya stretch mark, guratan berwarna putih atau cokelat kemerahan yang ada di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha.

Menurut pemerhati kesehatan ibu hamil dan menyusui dr Annisa Oktantiani, stretch mark terjadi karena perubahan berat badan secara drastis sehingga kulit di beberapa bagian tubuh akan merenggang. Pun demikian, Annisa mengatakan, kondisi ini bisa dicegah sedini mungkin, bahkan sebelum seorang wanita mengalami fase kehamilan.

"Lebih cepat mencegah lebih baik. Mulai dari perempuan yang belum menikah, dirinya bisa fokus menjaga kelembapan kulit. Caranya banyak makan buah, sayur, dan minum yang cukup. Kalau kulit terhidrasi dengan baik, risikonya semakin rendah,” jelasnya saat dijumpai Beritasatu.com usai peluncuran produk Mama’s Choice di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Kemudian, stretch mark juga bisa dicegah menggunakan beberapa produk khusus. Misalnya produk krim yang mengandung lidah buaya atau pelembab untuk menjaga kelembaban kulit. Produk khusus pencegah stretch mark sebetulnya aman digunakan pada semua area tubuh. Namun, area payudara sebaiknya dihindari jika ibu dalam masa menyusui.

“Dipakai sehari tiga kali bisa, empat sampai enam jam sekali. Bahkan pengulangan pemakaian akan baik,” saran dr Annisa.



Sumber: BeritaSatu.com