Inilah Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah

Inilah Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah
Ilustrasi Membersihkan Wajah ( Foto: Antaranews )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 7 Agustus 2019 | 21:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Aktivitas sehari-hari dapat membuat kulit wajah kusam karena terpapar polusi, radiasi sinar matahari hingga udara, asap rokok dan zat-zat berbahaya lainnya.

Hal-hal seperti itu membuat kulit wajah kita menjadi terlihat kurang sehat. Nah, bagaimana caranya untuk mengembalikan kesehatan wajah? Berikut cara-caranya:

1. Cuci muka dengan pembersih

Membersihkan wajah untuk mengangkat kotoran akibat polusi, sinar matahari dan keringat secara rutin akan memperbaiki tekstur dan struktur kulit dan mencegah penuaan dini.

2. Perbanyak minum air mineral
Salah satu menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit adalah perbanyak minum air mineral. Minum air mineral dapat menjaga kelembapan kulit.

Setidaknya, minum delapan air mineral dalam sehari membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan zat-zat beracun yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Minum air dengan cukup juga mengurangi dehidrasi sehingga kelembapan kulit tetap terjaga.

3. Gunakan pelembap tabir surya
tabir surya (sunscreen) bisa kita gunakan sebelum memulai aktivitas di luar rumah maupun di ruangan ber-AC.

Kulit yang sering terpapar radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari matahari berpotensi mengalami kerusakan. Selain itu, kulit menjadi kusam, muncul flek hitam hingga keriput. Paparan sinar UV secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, jaga kulit kita dengan menggunakan tabir surya SPF 30 secara rutin, paling tidak 15 menit sebelum keluar ruangan.

4. Jaga pola makan dan tidur
Kecerahan wajah dan kebugaran tubuh terlihat dari apa yang kita konsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi banyak buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian dan protein.

Selain itu, kurangi lemak jahat dan minuman manis untuk membantu kulit Anda terlihat lebih sehat dan terawat.

Tidak hanya asupan gizi, pola tidur yang baik juga bisa mengembalikan kesehatan kulit wajah Anda. Dikutip dari Sleep.org dan Hellosehat.com, tidur yang cukup dapat memperbaiki sistem imun dan kadar hormon stres di dalam tubuh, sehingga sejumlah masalah kulit seperti eksim, jerawat, dan peradangan dapat teratasi.

 



Sumber: Hellosehat, Sleep.org