6 Protein Baik untuk Menurunkan Berat Badan

6 Protein Baik untuk Menurunkan Berat Badan
Telur ayam. ( Foto: Antara )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 25 September 2019 | 15:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mengonsumsi protein dapat membuat Anda lebih cepat kenyang karena protein mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, protein menjadi senjata ampuh bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Dilansir dari Reader's Digest, pelaku diet tinggi protein disarankan mengonsumsi 0,8 hingga 1 gram protein per pon berat badan. Artinya, jika memiliki berat badan 150 pon (68 kilogram), Anda membutuhkan 120-150 gram protein dalam sehari. Bila dibagi dalam tiga kali makan dalam sehari ditambah dua kali waktu ngemil, Anda membutuhkan 25-30 gram protein.

Lalu, makanan apa saja yang mengandung banyak protein?

1. Dada ayam
Dada ayam mengandung protein lebih tinggi dibandingkan bagian lain dari ayam karena mengandung lemak lebih sedikit.

Hal itu dijelaskan oleh dr. Andika Widyatama yang dimuat oleh Klikdokter.com.

2. Tuna
Tuna kalengan memiliki 22 gram protein dan kurang dari 100 kalori per porsi atau sekitar tiga ons. Hal itu membuat 94 persen protein dengan sisa enam persen kalori berasal dari lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Selain menjadi salah satu makanan tinggi protein tersehat, tuna kaya juga akan vitamin dan mineral seperti niasin, selenium dan vitamin B12.

3. Telur
Satu telur menghasilkan sekitar enam gram protein. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan karena mengenyangkan dan mengandung protein tinggi.

4. Kacang-kacangan
Secangkir lentil mengandung 18 gram protein dan 16 gram serat yang membuat Anda lebih kenyang dan puas. Sebagai sumber protein nabati yang baik, kacang-kacangan mengemas hampir 40 persen dari kebutuhan zat besi harian Anda.

5. Tahu
Satu setengah cangkir tahu mengandung sekitar 10 gram protein dan hanya 90 kalori. Tahu kaya akan vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, selenium dan fosfor. Lantaran tahu adalah produk kedelai, tahu mengandung asam amino esensial.

Tahu juga menjadi salah satu sumber protein nabati yang sangat baik.

6. Tempe
Terbuat dari kedelai utuh yang difermentasi, tempe kaya akan protein dan serat. Satu porsi tempe sekitar tiga ons mengandung 16 gram protein. Ketika dilumat, tempe memiliki tekstur yang mirip degnan daging giling. Para vegetarian pun dapat memanfaatkannya sebagai pengganti daging kalkun atau daging sapi yang lebih sehat.



Sumber: Klikdokter.com