4 Makanan Baik Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

4 Makanan Baik Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi
Yoghurt ( Foto: Istimewa )
Winda Ayu Larasati / WIN Kamis, 26 September 2019 | 20:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tekanan darah masih menjadi ancaman serius bagi banyak orang, kalau tidak tertangani dengan baik maka akan menyebabkan penyakit lain seperti jantung koroner, stroke dan gagal ginjal.

Bagi Anda yang sudah mengalami tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu seperti di bawah ini:

1. Yoghurt
Kunci untuk tekanan darah yang baik yaitu kalsium, karena bisa membantu pembuluh darah mengencang dan rileks seperti seharusnya. Yoghurt polos dan rendah lemak adalah cara baik untuk menambahkan kalsium dalam diet.

2. Oatmeal
Makanan sehat, rendah sodium yang mengenyangkan ini dapat membantu Anda menjaga berat badan dan tekanan darah.

3. Bawang putih
Bawang putih dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Dengan demikian, semakin perlahan pembuluh darah Anda, semakin sedikit kerja jantung untuk memompa darah. Akhirnya, hal ini akan membantu menjaga tekanan darah.

3. Cokelat hitam
Cokelat hitam kaya akan flavanol. Antioksidan ini dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dan memperlebar pembuluh darah. Hal itu tentu bisa membuat tekanan darah menurun.

4. Sayuran hijau
Garam akan membuat tubuh Anda tahan terthadap cairan, karena dapat meningkatkan volume darah dan tekanan pada arteri Anda yang membuat tekanan darah menjadi naik.

Untuk itu, sayuran hijau seperti bayam, brokoli atau kankung baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan kalium. Mineral ini dapat membantu mengeluarkan natrium dari tubuh melalui kencing dan melemaskan dinding pembuluh darah.



Sumber: Klikdokter.com