Cara Efektif Atasi Wasir dengan Ekstrak Daun Ungu

Cara Efektif Atasi Wasir dengan Ekstrak Daun Ungu
Ilustrasi sembelit, sakit perut.
Indah Handayani / FER Jumat, 1 November 2019 | 08:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu jenis penyakit yang banyak diderita orang, baik dewasa ataupun anak-anak, adalah wasir atau ambeien.

Keluhan ini terjadi karena terjadi pembengkakan dan peradangan pembuluh darah dalam atau luar di bagian bawah anus. Gejala wasir ditandai dengan nyeri di sekitar anus (selama dan setelah buang air besar), gatal-gatal dubur dan perdarahan.

Baca Juga: Wanita Hamil Rentan Terkena Wasir

Walaupun wasir bukan penyakit yang berbahaya, namun jika dibiarkan tanpa ada pengobatan, kondisi tersebut bisa semakin parah. Selain itu, wasir membuat tubuh tidak nyaman. Bahkan, jika tidak segera di atasi, dapat berujung hingga operasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi keluhan tersebut secara alami?

Guru besar Farmakologi FKUI, Prof dr H Sardjono Oerip Santoso, menyatakan, salah satu cara efektif untuk mengobati wasir adalah mengkonsumsi daun ungu (graptophyllum pictum), yang memiliki kandungan bahan aktif senyawa flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid, yang dapat membantu untuk meredakan gejala wasir.

Baca Juga: Jongkok, Posisi Paling Sehat untuk Buang Air Besar

"Ambil sebanyak 9-10 gram daun ungu segar, kemudian direbus dalam dua gelas air (600 cc) sampai menjadi satu gelas rebusan, dan diminum tiap hari satu kali. Lima hari kemudian, efek yang ditimbulkan oleh gejala hemorroid (ambeien) seperti nyeri, pendarahan, dan panas, hilang tak berbekas,” ujar Prof Sardjono, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (1/11/2019).

Sardjono menyebutkan, kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik pada hewan percobaan.

Baca Juga: Awas, Jangan Berlama-lama Buang Air Besar

Efek analgesik tersebut, ditunjukkan dengan terjadinya penurunan nilai ambang nyeri setelah pemberian ekstrak alkaloid pada dosis 1,5, 3, dan 6 mg/kg.

Manajer Distribusi Ambedoc, Agung Faizal, mengatakan, salah satu obat herbal yang bisa dipakai untuk mengobati wasir atau ambeien secara efektif adalah Ambedoc, karena adanya kandungan ekstrak daun ungu 500 mg pada setiap kapsulnya.

"Kehadiran Ambedoc memudahkan bagi para penderita wasir dan ambeien untuk tidak repot-repot menanam, mencari dan merebus daun ungu,” jelasnya.

Baca Juga: Ini Cara Atasi Ambeien Pada Wanita Hamil

Agung menambahkan, Ambedoc juga telah diakui dan terdaftar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga aman dikonsumsi dan tanpa efek samping, bahkan untuk jangka panjang sekalipun. Sebabnya, komposisi Ambedoc menggunakan bahan daun ungu yang 100 persen alami dan premium.

“Harapan kami bagi pengidap penyakit wasir atau ambeien yang mengonsumsi Ambedoc semoga cepat diberikan kesembuhan seperti ribuan pelanggan lain yang telah terbantu kesembuhannya," tandas Agung Faizal.

 



Sumber: Investor Daily