Detox Gadget Efektif Atasi Kecanduan Gawai

Detox Gadget Efektif Atasi Kecanduan Gawai
Program Detox Gadget di Rumah Amalia mengajak anak-anak untuk melakukan  aktifitas menghentikan pemakaian teknologi sejenak dan kembali ke kehidupan nyata. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Indah Handayani / FER Rabu, 6 November 2019 | 16:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hampir setiap hari dijejali dengan berbagai informasi yang mengarus lewat internet. Sejajar dengan itu, hidup pun seolah terperangkap dalam ruang imut bernama smartphone. Arus informasi, gim, medsos, berbagai aplikasi dan keriuhan di dalamnya, tentunya sangat menyenangkan bagi kalangan anak-anak.

Sayangnya, smartphone jug amemiliki dampak buruk. Banyaknya pasien anak-anak yang kecanduan ponsel pintar akibat banyak faktor, diantaranya gaya hidup anak jaman sekarang yang mudah mengakses hal negatif di ponsel secara berlebihan.

Ketua Rumah Amalia, Muhammad Agus Syafii, menyadari gaya hidup seorang anak yang tidak dapat lepas dari ponsel pintar dapat menimbulkan effek yang sangat buruk, terutama dalam tumbuh kembang anak.

"Orang tua mempunyai peranan penting dalam menjaga anak anak nya agar tidak kecanduan terhadap gawai," ujar Muhammad Agus Syafii dalam keterangan persnya, Rabu (5/11/2019).

Sayangnya, kata Agus, kebanyakan dari orang tua yang terlalu sibuk dan membiarkan anak bermain gadget untuk jangka waktu yang cukup lama. Padahal, salah satu kebutuhan anak adalah bermain.

"Di saat anak anak inigin bermain namun tidak adanya alat untuk bermain maka gadget lah yang mereka jadikan sebagai alat bermain," ungkap Agus.

Agus menambahkan banyak yang masih bisa di lakukan untuk menghindari anak kecanduan gawai. Salah satunya, program detox gadget. Program ini mengajak anak-anak untuk menghentikan pemakaian teknologi sejenak dan kembali ke kehidupan nyata, seolah teknologi belum diciptakan.

"Anak-anak yang telah mencobanya dan mengaku mengalami banyak perubahan dalam hidupnya dengan melakukan detox gadget ini," tambahnya.

Menurut Agus, dengan detox gadget anak-anak lebih fokus belajar. Selain itu, program detox gadget menyebabkan hidup anak menjadi lebih bahagia, dengan mental yang lebih sehat. Selain itu, daya ingat anak juga meningkat.

"Melalui program detox gadget, anak lebih aktif berpikir dan berdiskusi. Hal utama dari program ini, anak lebih menemukan makna hidupnya," tutup Agus.

 



Sumber: Investor Daily